Pengaruh profesionalitas guru dalam memakai media Kitab Kuning terhadap keberhasilan pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Padomasan Jombang Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Abdul (2010) Pengaruh profesionalitas guru dalam memakai media Kitab Kuning terhadap keberhasilan pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Padomasan Jombang Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rohman_D51206194.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan nasional diharapkan menghasilkan manusia terdidik yang utuh baik keimanan, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, kepribadian dan rasa tanggung jawab. Untuk memperoleh fungsi dan tujuan pendidikan nasional, maka dari itu perlu kiranya meningkatkan profesionalitas para guru dalam memakai media khususnya media kitab kuning untuk meningkatkan pengajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan profesionalitas guru dalam memakai media sangat mendukung sekali dalam proses pengajaran dan perkembangan siswa demi tercapainya cita-cita mengembangkan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Permasalahan yang muncul ialah: bagaimana profesionalitas guru dalam memakai media kitab kuning, adakah pengaruhnya terhadap keberhasilan pengajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan atau diadakan di SMP Islam Padomasan Jombang Jember, dengan jumlah populasi 16 guru. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, angket dan dokumentasi dan teknik analisis datanya digunakan rumus prosentase, dan rumus Chi Kwadrat. Berdasarkan dari analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa profesionalitas guru dalam memakai media kitab kuning tergolong baik dan pengajaran pendidikan agama Islam juga dikategorikan berbasil atau baik dan pengaruh profesionalitas guru dalam memakai media kitab kuning terhadap pengajaran Pendidikan Agama Islam tergolong cukup berpengaruh. Besar pengaruhnya termasuk kategori sedang yang berarti cukup ada pengaruh. Hendaknya para guru khususnya guru mata pelajaran senantiasa meningkatkan profesionalitas dalam pengajaran khususnya dalam memakai media dikarenakan media adalah alat bantu yang sangat membantu dalam pengajaran. Untuk meningkatkan hasil maka perlu kiranya diadakan penelitian lanjutan tentang profesionalitas guru dalam memakai media serta diadakan pengayaan teori­ teori tentang profesionalitas guru dalam pengajaran di setiap sekolah-sekolah khususnya SIslam Padomasan Jombang Jember.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Abdul--D51206194
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyaikhu, Ach.----
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Profesionalitas guru; media belajar; Kitab Kuning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2019 06:15
Last Modified: 10 Dec 2019 06:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36278

Actions (login required)

View Item View Item