Kepemimpinan Azhar Basyir dalam Muhammadiyah pada Tahun 1990-1994

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Lina (2010) Kepemimpinan Azhar Basyir dalam Muhammadiyah pada Tahun 1990-1994. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lina Indrawati_A32206002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul kepemimpinan Azhar Basyir dalam Muhammadiyah pada tahun 1990-1994 mempunyai tiga fok:us bahasan yaitu bagaimana pemikiran Azhar Basyir, bagaimana Muharnmadiyah sebelum Azhar Basyir dan bagaimana pola kepemimpinan Azhar Basyir dalam Muhammadiyah. Azhar Basyir adalah ketua pimpinan pusat Muhammadiyah pada tahun 1990-1994. Pemikiran Azhar Basyir tentang masalah-masalah kontemporer adalah mencakup tentang transplantasi organ tubuh, operasi penegasan kelamin, aborsi dan asuransi jiwa. Dahulu sebelum Muhammadiyah dipimpin oleh Azhar Basyir, Muhammadiyah dipimpin oleh kalangan ulama yang kebanyakan lulusan dari pondok pesantren. Sedangkan pola kepemimpinannya adalah pola kepemimpinan demokratis. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yaitu pendekatan genetis atau hereditary, pendekatan sosial dan pendekatan ekologis (situasi). Untuk kerangka teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan dari Max Weber yang mengemukakan tiga bentuk tipe kepemimpinan yaitu kepemimpinan Kharismatik, kepemimpinan Tradisional dan kepemimpinan Rasional. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode Nugroho Noto Susanto, bahwa penelitian sejarah mempunyai 4 tahapan yaitu Heuristik, Kritik Sejarah, lnterpretasi dan Historiografi. Dari penelitian tersebut terdapat kesimpulan bahwa tipe kepemimpinan Azhar Basyir adalah termasuk tipe kepemimpinan yang demokratis, ini terbukti dari kedekatan beliau dengan rakyat tetapi juga tidak mempunyai jarak dengan pemerintah. Selain itu dalam menanggapi kritikanpun beliau dapat menanggapinya dengan baik, seperti kritikan dari Azyumardi Azra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Lina--A32206002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRidwan, M.--2017075901
Subjects: Muhammadiyah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Azhar Basyir; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:40
Last Modified: 09 Dec 2019 06:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36266

Actions (login required)

View Item View Item