Pembelajaran kooperatif model Dua Tinggal Dua Tamu terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas XI di SMK Idhotun Nasyi'in Sugihwaras Kalitengah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Ely (2010) Pembelajaran kooperatif model Dua Tinggal Dua Tamu terhadap prestasi belajar PAI siswa Kelas XI di SMK Idhotun Nasyi'in Sugihwaras Kalitengah Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ely Faizah_D01206112.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, pembelajaran konvensional yang sering diterapkan guru mengakibatkan siswa cenderung menghafal dan bekerja secara prosedural dan memahami materi tanpa bernalar. Hal ini berakibat prestasi belajar siswa rendah karena dalam pembelajaran konversional peran siswa bersifat pasif hanya mendengarkan, mencatat, dan mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mengaktitkan siswa adalah pembelajaran kooperatif. "Dua tinggal dua tamu" merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif "Dua tinggal dua tamu" adalah: (1) persiapan, (2) presentasi guru, (3) kegiatan kelompok, (4) presentasi kelompok, (5) evaluasi dan penghargaan. Oleh karena itu penelitih menerapkan pembelajaran kooperatif model "dua tinggal dua tamu" pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model "dua tinggal dua tamu" terhadap prestasi belajar PAI siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana pembelajaran kooperatif model "dua tinggal dua tamu" dalam proses mengajar di SMK Idhotun Nasyi'in sugihwaras kalitengah lamongan, bagaimana prestasi belajar PAI siswa di SMK Idhotun Nasyi'in sugiwaras kalitengah lamongan, dan adakah pengaruh pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu terhadap prestasi belajar PAI siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana analisanya menggunakan statistik. Dalam haI ini data diperoleh melalui teknik observasi, interview, angket dan dokumentasi, untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu dan prestasi belajar PAI siswa digunakan rumus mean(nilai rata-rata) dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu terhadap prestasi belajar PAI siswa digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti dari lapangan dan dari perhitungan dengan menggunakan rumus mean dan product moment dapat disimpulkan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu di SMK ldhotun Nasyi'in Sugihwaras Kalitengah Lamongan berjalan dengan baik sesuai dengan nilai rata-rata 23,3 yang berarti baik. (2) prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMK Idhotun nasyi'in berdasarkan nilai rapot siswa dikatakan lebih dari cukup dengan mean sebesar 7,5 dengan berpedoman pada kreteria rapot di SMK Idhotun nasyi;in. (3) hasil data menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model dua tinggal dua tamu berpengaruh pada prestasi belajar PAI siswa kelas XI di SMK. Idhotun Nasyi' in Sugihwaras Kalitengah Lamongan, karena "r" sebesar 0,702 lebih besar dari "r" tabel baik pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,235 dan 1% sebesar 0,306. Adapun basil konsultasi dengan interprestasi nilai "r", rxy = 0,702 yang berada antara 0,70-0,90 yang berarti ada pengaruh, dan pengaruhnya adalah tergolong tinggi. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Ely--D01206112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; model Dua Tinggal Dua Tamu; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:53
Last Modified: 04 Dec 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36232

Actions (login required)

View Item View Item