PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I-B MI MAMBA’UL ULUM BEDANTEN BUNGAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslikhan, Maslikhan (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS I-B MI MAMBA’UL ULUM BEDANTEN BUNGAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep materi pelajaran matematika ditingkat dasar sangat menentukan terhadap pemahaman konsep dijenjang berikutnya. Pemahaman siswa kelas I MI Mamba’ul Ulum terhadap materi pelajaran matematika rendah, data ini dlihat dari hasil ulangan harian materi bangun datar sederhana siswa yang dinyatakan tuntas hanya 3 siswa atau sebesar 18 % dari 17 siswa yang ada. Sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Maka perlu didukung dengan pemilihan media yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Media manipulatif adalah bahan yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Alat ini terkait langsung dan bagian dari penjelasan konsep uraian-uraian materi yang disampaikan. Bahan manipulatif berfungsi untuk menyederhanakan konsep-konsep yang sulit atau sukar, menyajikan bahan yang relatif abstrak menjadi lebih nyata, menjelaskan pengertian atau konsep secara lebih konkrit, menjelaskan sifat-sifat tertentu yang terkait dengan pengerjaan hitung dan sifat-sifat bangun geometri, serta memperlihatkan fakta-fakta. Penggunaan media manipulatif ini akan memberikan pemahaman yang lebih konkret kepada siswa tentang materi-materi yang abstrak.
Berdasarkan deskripsi dari latar belakang tersebut diperoleh dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana penerapan media manipulatif pada pembelajaran matematika Materi Bangun Datar Sederhana Melalui Penggunaan Media Manipulatif Pada Siswa Kelas I-B Madrasah Ibtida’iyah Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I-B Madrasah Ibtida’iyah Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik materi bangun datar sederhana setelah diterapkannya pembelajaran dengan penggunaan media manipulatif?
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan media manipulatif pada pembelajaran matematika Materi Bangun Datar Sederhana Melalui Penggunaan Media Manipulatif Pada Siswa Kelas I-B Madrasah Ibtida’iyah Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik; 2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I-B Madrasah Ibtida’iyah Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik materi bangun datar sederhana setelah diterapkannya pembelajaran dengan penggunaan media manipulatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). PTK ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil refleksi pada siklus I akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target indikator kinerja yang ditentukan telah tercapai. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2015, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-B MI Mamba’ul Ulum Bedanten Bunga Gresik yang berjumlah 17 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyuniati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslikhan, MaslikhanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Media Manupulatif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 08:08
Last Modified: 19 Jan 2016 08:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3623

Actions (login required)

View Item View Item