Pengaruh intensitas membaca Al Qur'an orang tua terhadap intensitas membaca Al Qur'an anak: studi kasus di Kelurahan Karangpoh Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Sohibul (2010) Pengaruh intensitas membaca Al Qur'an orang tua terhadap intensitas membaca Al Qur'an anak: studi kasus di Kelurahan Karangpoh Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sohibul Amin_D01303173.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengeta.hui intensitas membaca al-Qur'an orang tua di Kelurahan Karangpoh Gresik (X). 2).untuk mengetahui intensitas membaca al-Qur'an anak di Kelurahan Karangpoh Gresik. (Y) 3). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara intensitas membaca al-Qur'an orang tua terhadap intensitas membaca al-Qur'an anak di Kelurahan Karangpoh Gresik. Subyek penelitian sebanyak 27 responden dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling atau sampel acak secara proporsional menurut stratifikasi. Penelitian ini menggunakan metode angket dan wawancara. Metode angket digunakan untuk menjaring data X yaitu intensitas membaca al-Qur'an orang tua, dan juga digunakan untuk menjaring data Y yaitu intensitas membaca al-Qur'an anak di Kelurahan Karangpoh Gresik, sedangkan metode wawancara digunakan untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua dan data-data yang ada di kelurahan Karangpoh Gresik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan rumus product moment. Dimana setelah dilakukan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa; Intensitas membaca al-Qur'an orang tua di Kelurahan Karangpoh Gresik setelah diadakan penelitian lapangan dengan menggunakan angket kepada 27 responden, diperoleh nilai dengan rata-rata 85% dimana setelah dimasukkan ke dalam standart kualifikasi penilaian berada pada kategori baik, sehingga kesimpulan tentang intensitas membaca al-Qur'an orang tua di Kelurahan Karangpoh Gresik adalah baik. Intensitas membaca al-Qur'an anak di Kelurahan Karangpoh Gresik setelah dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan angket dengan jumlah soal sebanyak 10 item kepada 27 responden, diperoleh nilai dengan rata-rata 66% dari nilai tersebut setelah dimasukka n dalam standart kualifikasi masuk ke dalam kategori cukup baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat intensitas membaca al-Qur'an di Kelurahan Karangpoh Gresik adalah cukup baik. terdapat pengaruh positif antara intensitas membaca al-Qur'an orang tua terhadap intensitas membaca al-Qur'an anak, hal ini ditunjukkan oleh hasil dari perhitungan menggunakan rumus product moment, dengan hasil bahwa ada pengaruh positif antara intensitas membaca al­Qur'an orang tua terhadap intensitas membaca al-Qur'an anak di Kelurahan Karangpoh Gresik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua di Kelurahan karangpoh Gresik untuk semakin intens dalam membaca al-Quran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Sohibul--D01303173
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Membaca Al Qur'an; orang tua; anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2019 07:44
Last Modified: 10 Sep 2020 13:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36219

Actions (login required)

View Item View Item