Perlakuan guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku negatif siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syuhud, Moh. (2010) Perlakuan guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku negatif siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Syuhud_D03205081.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36218

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada merebaknya Bimbingan Konseling yang ada di sekolah. Dulu, bimbingan konseling mungkin merupakan perangkat sekolah yang tidak terstruktur dan hanya merupakan domain dari sekolah-sekolah yang maju saja. Oleh sebah itu, kami ingin menunjukkan pula bahwa hampir mayoritas sekolah sudah mempunyai kemampuan untuk mengelola bimbingan konseling yang ada di sekolah. Objek penelitian ini terfokus kepada profil dan profesi seorang guru BK. Dari informasi yang diketahui bahwa hampir seluruh siswa membenci guru BK. Guru BK pasti mendapatkan perhatian khusus dari para siswanya. Oleh karenanya, Guru BK semestinya memberlakukan siswanya dengan profesional dan sabar, sebagaimanyang dicanangkan dalam kode etik Guru BK, atau bahkan nilai-nilai yang sudah diberikan kepada Guru BK. Penelitian ini memgambil tempat di SMP 5 Pamekasan Madura. Sebuah SMP yang sudah dianggap fenomenal di kabupaten yang awalnya tersinggah banyak orang putu sekolah. Selain pada Guru, objek setelahnya tertuju kepada siswa-siswa yang mempunyai perilaku negatif, yakni perilaku yang dianggap dalam norma masyarakat dan agama tidak patut dan layak dikerjakan sebagai seseorang yang terdidik. Perlaku negatif terfokus pula kepada temuan yang dilaksanakan oleh Guru BK dan pengumpulan datanya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode obsevasi, wawancara, dokumentasi. Jenis penelitiannya menggunakan jenis penyajian kualitatif. Kemudian dianalisa menggunakan analisa content. Dari pelbagai content-content dan kategoriisasi yang dilaksanakan kemudian menjadi kesimpulan dan hasil sebuah penelitian. Hasilnya adalah perlakuan guru mempunyai impact yang sangat signifikan kepadan siswa dalam upaya menghilangkan perilaku negative. Perilaku negative yang dimaksud dalam penelitian adalah sebuah kebiasaan ektraordinari Misalnya saja memakai obat-obat terlarang, berzina dan merokok. Sedangkan bentuk-bentuk perilaku guru menurut temuan yang ditemukan dilapangan bahwa bersabar, menasehati dan memberikan hukuman yang mendidik akan membentuk karakter tersendiri kepada perilaku negative siswa yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syuhud, Moh.--D03205081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhmad, Masyhudimasyhudiahmad7@gmail.com2022065601
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Perlakuan guru; bimbingan konseling; perilaku negatif siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2019 06:38
Last Modified: 29 Nov 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36218

Actions (login required)

View Item View Item