Implementasi Pendalaman Materi Agama (PMA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Gumukmas Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasilah, Wasilah (2010) Implementasi Pendalaman Materi Agama (PMA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wasilah_D51206186.pdf

Download (3MB)

Abstract

Implementasi merupakan proses penerapan ide, konsep, kebijakan, atau inovasi dalam suatu tindakan praktis sehingga memberikan dampaak baik berupa perubahan pengetahuan,keterampilan dan nilai.sebagai institusi yang bemuansa islami banyak sekali tuntutan yang harus di capai dalam pembelajaran agama islam yang tertaman nilai-nilai islamidalam hal ini SMP Islam Gumukmas Jember dari permasalahan tersebut timbulah keinginan penulis untuk meneliti sampai sejauh mana emplemtasi pembelajaran Pendalaman Materi Agama Islam di SMP Islam dimana anak sedang belajar dan sebagai tempat peneliti menulis mengambil SMP Islam Gumukmas Jember untuk kemudian dapat dijadikan gambaran secara menyeluruh tentang pelaksanaan implementasi pendalaman agama. Adapun masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (a) bagaimana irnplementasi pembelajaran pendalaman materi agama (PMA) di SMP Islam Gumukmas Jember. (b) bagaimana cara mengimplementasikan pendalaman materi agama yang diterapkan dalam sekolah pada mata materi al-quran, fiqih, akhlak di sekolah menengah pertama (SMP) Islam Gumukmas Jember. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode penentuan informan dengan cara purposive sampling sedangkan metode pengumpulan data mengunakan (a) metode observasi, (b) metode interview, (c) metode dokumenter, sedangkan analisa data mengunakan analisis data rejleklive thinking. Dari data-data yang telah dikumpulkan dan dianalisis tersebut dapat diperoleh kesimpulan umum sebagai berikut: (a) impelementasi pendalaman materi agama di SMP Islam Gumukmas Jember cukup baik, hal ini terlihat pada perencanaan metode pembelajaran Pendalaman materi Agama, (b) dan cara empelentasi pendalaman materi agama dengan menambah jam setelah pulang sekolah. Selanjutnya dari analisis tersebut juga diperoleh kesimpulan sebagai berikut: perencanaan impelemtasi pendidikan agama islam (PAl) sekolah dalam mensiasati materi al-quran, fiqih, akhlak yaitu dengan cara menambah jam setelah pulang sekolah dan untuk mengetahui empelemtasi pendalaman materi agama dengan diadakannya istiqosah dan sholat berjamah. Dari hasil penelitian diatas, sebagai jawabannya penulis berusaha untuk memberikan saran-saran konstruktif pemecahan masalah-masalah yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasilah, Wasilah--D51206186
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSaifuddin, Ahmad--195407011983011003
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Lanjutan
Uncontrolled Keywords: Pendalaman Materi Agama; pembelajaran agama; Sekolah Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:39
Last Modified: 27 Nov 2019 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36203

Actions (login required)

View Item View Item