Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunanik, Sunanik (2010) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sunanik_D51206198.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan pembelajaran mengelola, proses pendidikan tidak bisa lepas dari peran guru atau pendidikan dalam melaksanakan dan standar nasional nasional pendidikan sebagai salah satu elemen integral dari sistem pendidikan nasional. Akan tetapi ketentuan tersebut belum semuanya dapat diimplementasikan oleb Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong, terutama aspek proses pembelajaran. Berdasarkan realitas ini menarik diteliti tentang upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong. Terkait dengan bal tersebut di atas, maka perumusan masalahnya adalah bagaimana upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Sedangkan tujuan yang dibarapkan peneliti adalah ingin mendeskripsikan upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Untuk memperoleb data yang valid dan akurat peneliti menggunakan metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling, dan yang menjadi informan adalah Kepala Madrasah, Waka kurikulum, sebagian dewan guru dan siswa. Kemudian dilanjutkan metode pengumpulan data yang melalui observasi, interview dan dokumenter, dan analisis data menggunakan teknik reflektif thingking, dengan pendekatan kualitatif. Dari paparan hasil penelitian analisis data tersebut diperoleh temuan-temuan dan kesimpulan: Bahwa upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Kencong, hasil interview dengan Kepala Sekolah bahwa bentuk motivasi guru yang di berikan kepada ssiswa berupa motivasi intrinsik dan ekstrinsik, motivasi intrinsik guru berfungsi sebagai pendorong atau memotivasi semua kegiatan siswa yang timbul pada diri siswa baik itu cita-cita siswa, kemauan, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datangnya dari guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Kedua motivasi tersebut telah dilaksanakan oleh dewan guru dengan sungguh-sungguh dan hasilnya cukup baik. Hal ini dapat diguktikan dengan adanya prestasi siswa yang semakin baik, walaupun secara keseluruhan masih belum optimal. Berdasarkan beberapa temuan dan kesimpulan di atas maka saran yang disampaikan adalah hendaklah Kepala Madrasah sebagai the key person dan semua jajaran guru, yang didukung oleh pengurus yayasan dan komite madrasah, selalu berusaba meningkatkan motivasi belajar kepada seluruh siswa baik. yang betsifat intrinsik mauun ekstrinsik, sehingga dapat terwujud iklim pembelajaran yang semakin kondusif dalam rangka meningkatkan prestasi siswa yang semakin optimal, unggul dan kompetitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunanik, Sunanik--D51206198
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSaifudin, Ahmad--195407011983011003
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Upaya guru; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:42
Last Modified: 26 Nov 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36201

Actions (login required)

View Item View Item