PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH TENTANG TATA CARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 MI DARUL MUTA’ALLIMIN SUGIHWARAS PATIANROWO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfuroh, Mar’atul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH TENTANG TATA CARA BERWUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 1 MI DARUL MUTA’ALLIMIN SUGIHWARAS PATIANROWO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan Tata Cara Berwudhu. Hasil pemahaman yang rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran bagi pelaku pendidikan. Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih tentang materi wudhu maka dilakukan tindakan pembelajaran melalui metode demonstrasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran fiqih berwudhu pada siswa Kelas 1 MI Darul Muta’allimin semester 2 tahun pelajaran 2014/2015.
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas I MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pada tes adalah butir-butir soal tes, dan pada dokumentasi berupa hasil belajar siswa.
Hasil penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas 1 MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk pada pelajaran berwudhu. 88% siswa mampu mencapai KKM dengan rata-rata kelas 80,5 serta Ada peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan dari pretes 62,5 ke siklus 1 sebesar dari 74,5 siklus satu ke siklus 2 sebesar 80,5

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ni'matus Sholihah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfuroh, Mar’atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Fiqih; Wudhu; Metode Demonstrasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 08:03
Last Modified: 19 Jan 2016 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item