Pengaruh pembelajaran berbasis Peta Pikiran (mind mapping) terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nailatul (2010) Pengaruh pembelajaran berbasis Peta Pikiran (mind mapping) terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailatul Izzah_D01206124.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menjawab bagaimana penerapan Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (mind mapping), bagaimana Kreativitas Belajar Siswa, dan bagaimana pengaruh penerapan Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran (mind mapping) terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif, sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 siswa. Sedangkan untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Interview, Angket, dan Dokumentasi. Setelah data-data itu disajikan, kemudian dianalisis dengan teknik prosentase, rata-rata, dan product moment dan akhirnya didapatkan kesimpulan: pertama, bahwa penerapan pembelajaran berbasis peta pikiran (mind mapping) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya adalah termasuk kategori baik, dengan perolehan rata-rata pada dua kali pertemuan adalah 3,69 dan juga terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 78,972%. Kedua, kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah baik, dengan perolehan rata-rata 60,881%. Ketiga, adanya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis peta pikiran (mind mapping) terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat dikatakan cukup berpengaruh, karena nilai rxy sebesar 0,59 berada antara 0,40 -0,70. Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMP Negeri 26 Surabaya maupun instansi pendidikan lainnya, untuk lebih meningkatkan kemampuan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna seperti pembelajaran dengan mind mapping.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Nailatul--D01206124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
TeacherSutiyono, Sutiyono--195108151981031005
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Peta Pikiran; mind mapping; kreativitas belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2019 04:03
Last Modified: 19 Nov 2019 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36165

Actions (login required)

View Item View Item