Pengaruh pemahaman metodologi penelitian terhadap penyelesaian proposal skripsi mahasiswa di Semester VIII Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ropin, Ropin (2007) Pengaruh pemahaman metodologi penelitian terhadap penyelesaian proposal skripsi mahasiswa di Semester VIII Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ropin_D01302110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Telah lulus mata kuliah metodologi penelitian menjadi salah satu syarat wajib bagi mahasiswa untuk menyusun skripsi, kendati demikian tidak sedikit kita jumpai mahasiswa yang kesulitan dan kebingungan dalam menyusun proposal skripsi. Bahkan tidak segan-segan mereka menambah semester hanya semata-mata untuk menyusun sebuah skripsi. Fenomena ini juga terjadi di WN Sunan Ampel Surabaya, khususnya di Fakultas Tarbiyah Jurusan PAL Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian tentang "Pengaruh Pemahaman Metodologi Penelitian Terhadap Penyelesaian Proposal Skripsi Mahasiswa Di Semester VIII Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah JAIN Sunan Ampel Surabaya". Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode "korelasional" yang memakai rumus prosentase untuk mengetahiu rumusan masalah pertama dan kedua. Adapun untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara rumusan masalah yang pertama dan kedua adalah menggunakan rumus "r" Product Moment. Sedangkan proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa pemahaman metodologi penelitian mahasiswa di semester VIII tergolong cukup baik (71,66%), dan penyelesaian proposal skripsinya tergolong cukup baik (64,66%). Hasil angket yang diberikan kepada 30 responden membuktikan tidak ada pengaruh antara pemahaman metodologi penelitian (variabel X) terhadap penyelesaian proposal skripsi (variabel Y). Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rxy sebesar 0,224. Yang mana rxy tersebut nilainya lebih rendah baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Jika dilihat dari tabel interpretasi product moment menunjukkan bahwa nilai rxy terletak diantara rentang 0,20 - 0,40 dengan rnempunyai nilai indeks korelasi yang lemah atau rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ropin, Ropin--D01302110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Uncontrolled Keywords: Metodologi penelitian; proposal skripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2019 07:59
Last Modified: 18 Nov 2019 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36160

Actions (login required)

View Item View Item