IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH (Studi Analitis Terhadap Penerapan KTSP Mata Pelajaran Fikih di MTsN Model Darussalam, Martapura, Kalimantan Selatan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najmi, Hilal (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH (Studi Analitis Terhadap Penerapan KTSP Mata Pelajaran Fikih di MTsN Model Darussalam, Martapura, Kalimantan Selatan). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babvi.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Lahirnya Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah berdampak pada sistem penyelenggaraan pendidikan dari sentralistik menuju desentralistik. Salah satu substansi yang didesentralisasi adalah kurikulum. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pada gilirannya mendorong lahirnya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mengamanatkan kurikulum pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. KTSP sebagai perwujudan otonomi sekolah/madrasah, kata kunci dari otonomi sekolah/madrasah itu adalah kewenangan dan pemberdayaan. Sekolah/madrasah diberi kewenangan dan tanggung jawab secara luas untuk mandiri dan berkembang.
Madrasah merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional pada jenjang pendidikan dasar. Dalam sejarahnya, perkembangan kurikulum fikih yang termasuk dalam rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah telah mengalami perubahan-perubahan menuju ke arah perbaikan. Selama ini kegiatan pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah lebih didominasi aspek kognitifnya saja dan kurang memperhatikan aspek afektif dan psikomotornya, sehingga aspek nilai yang terkandung dalam pembelajaran fikih terabaikan. Kurikulum fikih yang dikembangkan dengan KTSP dituntut untuk menguasai sejumlah kompetensi yang telah ditetapkan secara komprehensif (kognitif, afektif, dan psikomotorik).
Adalah MTsN Model Darussalam Martapura, salah satu dari tiga madrasah model di Kalimantan Selatan yang telah menyusun dan memberlakukan KTSP sejak tahun pelajaran 2007/2008. Madrasah ini mempunyai daya dukung dan potensi yang cukup tinggi untuk menerapkan KTSP.
Untuk itu, penulis tertarik meneliti hal tersebut di atas. Yang menjadi subyek penelitian adalah guru fikih dan siswa kelas I dan II MTsN Model Darussalam.Dalam hal pengumpulan data, peneliti menggunakan metode kajian kepustakaan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran fikih di MTsN Model Darussalam sudah sesuai dengan pedoman implementasinya. Pengembangan program, pelakasanaan pembelajaran dan evaluasinya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai KTSP, yaitu mengarah pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Namun, dalam penyusunan silabus masih mengandalkan MGMP dalam pengembangannya.
Temuan yang menarik dari penelitian ini adalah siswa MTsN Model Darussalam sudah melakukan wud}u sebelum berangkat ke madrasah, sesampainya di madrasah para siswa melakukan qira’at al-Qur’an. Melaksanakan s}alat d}uh}a pada waktu istirahat pertama, s}alat z}uhur berjemaah, tahfiz} al-Qur’an (menghapal surat-surat pendek), dan h}atam al-Quran’an masal pada setiap akhir tahun pelajaran. Dengan demikian, MTsN Model Darussalam sudah mampu memberikan ciri khas tersendiri bagi madrasahnya dan ini sesuai dengan yang dikehendaki oleh KTSP sehingga berdampak pada peningkatan pembelajaran fikih di madrasah.
MTsN Model Darussalam terus berupaya berbenah dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi KTSP agar kualitas pembelajaran di madrasah ini dapat meningkat baik secara lokal, nasional maupun internasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najmi, HilalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: KTSP
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2009
Last Modified: 25 Aug 2016 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item