Pengaruh program Keluarga Harapan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Siti Uswatun (2010) Pengaruh program Keluarga Harapan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Uswatun Hasanah_D01206192.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setiap individu di era giobal dituntut mengembangkan kapasitasnya secara optimal, kreatif dan mengedepankan diri ke dalam situasi global yang amat bervariasi dan cepat berubah. Setiap individu dituntut memiliki daya nalar kreatif dan kepribad.ian yang tidak simpel, melainkan kompleks. Dapat disimpulkan tantangan ke depan semakin besar, tuntutan untuk menjawab tantangan semakin besar pula, dengan demikian tentu yang harus dibenahi dan dipersiapkan adalah kemampuan Sumber Daya Manusia. Pendidikan merupakan media untuk bisa menambah dan mengasah pengetahuan dan wawasan. Sudah jelas tertera dalam Undang-undang Dasar 45 pasal 31 ayat 1 bahwa "semua warga negara berhak untuk mendapatkan pengajaran" tanpa kecuali warga miskin. Peran pemerintah unruk mewujudkan semua itu dilaksanakan beberapa program untuk sebisa mungkin semua warga negara mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah melalui Program Keluarga Harapan. Pemerintah berupaya meningkatkan partisipasi sekolah masyarakat sangat miskin, sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat miskin dan diharapkan pula masyarakat miskin dapat berbuat banyak dalam menghadapi tantangan zarnan ke depan. Untuk itulah, penelitian ini berusaha meneliti seberapa jauh Program Keluarga Harapan ini bisa memotivasi siswa untuk belajar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan PKH (Program Keluarga Harapan) di Mts Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Bagaimana Motivasi Belajar Siswa di MTs Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Adakah Pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di Mrs Sunan Cendana Kwanyar Bangkalan. Adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan populasi 25 siswa peserta PKH. Kemudian dalam pengwnpulan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbenruk observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah prosentase dan indeks korelasi product moment "r". Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan prosentase dan perhitungan "r'' (Product Moment) dengan hasil rxy = 0.655. dan dari hasil signifikansi 5% dan 1% diketahui dari sini dapat diketahui bahwa "rxy" > "rt" maka hipotesis diterima. Dengan kata lain, Pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MTs Sunan Cendana diterima. Artinya Program Keluarga Harapan mempunyai andil terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di MTs Sunan Cendana Kwanyar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Siti Uswatun--D01206192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMunawir, Munawir--196508011992031005
Subjects: Motivasi Belajar
Keluarga > Keluarga - Anak
Uncontrolled Keywords: Program sekolah; Keluarga Harapan; motivasi belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2019 09:04
Last Modified: 15 Nov 2019 09:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36153

Actions (login required)

View Item View Item