Teknik dakwah Stand Up Comedy: kajian Stand Up Comedy Sakdiyah Ma’ruf the Bravest Coward

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashihah, Ishfi Raudlatun (2019) Teknik dakwah Stand Up Comedy: kajian Stand Up Comedy Sakdiyah Ma’ruf the Bravest Coward. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishfi Raudlatun Nashihah_B91215055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Teknik Dakwah Stand Up Comedy (Kajian Stand Up Comedy Sakdiyah Ma’ruf The Bravest Coward). Pokok permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: bagaimanakah teknik dakwah dalam stand up comedy the Bravest Coward Sakdiyah Ma’ruf? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Hubeman. Stand up comedy merupakan bentuk dari seni komedi atau melawak yang disampaikan secara monolog kepada penonton. Sedangkan teknik dakwah adalah cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode dalam berbicara di hadapan publik demi menggapai suatu tujuan tertentu. Dalam penampilan SUC-nya, Diyah menggunakan teknik dasar, callback dan rule of three, dengan tahapan penyampaian sebagai berikut; pertama, opening, berisi perkenalan singkat sakdiyah, kedua adalah materi inti, berisi kumpulan jokes disertai pidato singkat yang relevan dengan jokes yang telah atau akan disampaikan, dan ketiga, penutup, yang berisi jokes singkat dan atau kalimat untuk undur diri. Dapat ditemukan bahwa Diyah mendijadikan SUC sebagai medium untuk merefleksikan masalah konservatisme dalam komunitas Arab dan diskriminasi terhadap perempuan ataupun isu-isu sensitif lain yang terjadi pada skala lebih luas, tak hanya di komunitas Arab saja, namun pada lingkup yang lebih luas, dan disampaikan secara monolog kepada audience dengan bentuk komunikasi satu arah. SUC dapat dijadikan alternatif baru sebagai teknik dakwah untuk penyebaran informasi, pengajaran akan ilmu umum, penyadaran pada apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan oleh manusia sehingga tercipta kebahagiaan juga kedamaian. Kunci utama dalam menerapkan SUC sebagai teknik dakwah yaitu terdapat pada pemilihan kata atau diksi, juga rangkaian kalimat, isi topik yang dipilih dan teknik yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashihah, Ishfi Raudlatunishfi.rans@gmail.comB91215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com196812301993031003
Subjects: Budaya - Agama
Dakwah > Dakwah - Metode
Humor
Keywords: Teknik Dakwah; Stand Up Comedy; Sakdiyah Ma’ruf.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nashihah Ishfi Raudlatun
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:51
Last Modified: 15 Nov 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36149

Actions (login required)

View Item View Item