Pengaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurmawati, Anita (2009) Pengaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Nurmawati_D31205035.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anita Nurmawati: 2009. Peneltian ini bcrjudul Pengaruh Metode Andragogi Terhadap Pcningkatan Prcstasi Bclajar Siswa Pada Mata Pclajaran Fiqih di SMA Islam Parlaungan Bcrbek Waru Sidoarjo. Latar belakang penulis mengangkat judul tcrsebut adalah untuk melatih siswa agar menjadi pelajar yang mandiri serta berani bcrtanggung jawab dalam sctiap keputusan yang diambil dan mclatih siswa agar lebih aktif dalam mengikuti setiap proses pembelajaran. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian, maka dirumuskan beberapa permasalahan antara lain: Bagaimana kemampuan guru dalam mengclola pcmbelajaran dengan menggunakan metode Andragogi di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Andragogi di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo, adakah pengaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, test, interview. Dan untuk menganalisis data tes adalah dengan Statistik Parametic yaitu dengan menggunakan Uji t (sampel paired t­ test). Bcrdasarkan hasil kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan mcnggunakan mctode Andragogi dikctahui bahwa kemampuan guru dalam mcngclola pcmbclajaran dengan menggunakan metode Andragogi selama dua kali pcrtemuan termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,6 yang berarti sesuai dcngan rcncana pcmbclajaran. Bcrdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti pcmbclajaran dengan menggunakan metode Andragogi dapat diketahui siswa tcrgolong siswa aktif dengan nilai rata-rata 114,86 dan nilai rata-rata untuk siswa tidak aktif adalah 3.74. untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama mcngikuti pembclajaran dengan menggunakan metode Andragogi termasuk baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pre test 70,84% dan hasil post test 82,21%. Dan untuk mcngctahui pcngaruh metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pclajaran fiqih tclah menunjukkan pengaruh yang nyata, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pelaksanaan metode Andragogi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pclajaran fiqih di SMA Islam Parlau ngan Berbek Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurmawati, Anita--D31205035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMunawir, Munawir--196508011992031005
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Andragogi; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:05
Last Modified: 14 Nov 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36145

Actions (login required)

View Item View Item