Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah al Misri Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ja'far, Muhammad (2009) Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah al Misri Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2008/2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ja'far_D51206200.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul tentang lmplementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah MTs. Al-Misri Curah malang Rambipuji Kabupaten Jcmbcr. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Bentuk Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolnh MTs. Al-Misri Rambipuji Kabupaten Jember. Sedangkan fokus masalah meliputi "Bagaimana Bentuk implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Sekolah MTs. Al-Misri Rambipuji, sedangakan sub fokus masalah meliputi Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Tujuan umum yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah MTs. Al-M isri Rambipuji sedangkan tujuan khususnya adalah untuk memperoleh gambaran tentang faktor pendukung dan pengahambat implementasi Kurikulum Bcerbasis Kompetensi (KBK) di Sekolah MTs. Al- Misri Rambipuji. Agar tujuan penelitian ini tercapai maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data, observasi, interview dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, WaKa. Kurikulum dan siswa. Sedangkan analisa datanya menggunakan analisa deskriptif -kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2004 tentang Pendidikan Agama Islam yang meliputi tujuan, materi, metode dan evaluasi di Sekolah MTs. Al- Misri Rambipuji telah di implementasikan dengan baik sesuai dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam tahun 2004 yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ja'far, Muhammad--D51206200
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKumaidi, Kumaidi----
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Berbasis Kompetensi; pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2019 04:34
Last Modified: 14 Nov 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36144

Actions (login required)

View Item View Item