Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Guru Agama Tutul Balung Jember Tahun 2009-2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

AR, Rofidah (2010) Pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Guru Agama Tutul Balung Jember Tahun 2009-2010. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofidah AR_D51206199.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36134

Abstract

Untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata maka perlu pengarahan bimbingan dari pemcrintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta menciptakan iklim yang sehat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dengan demikian pendidikan nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Pendidikan or•ang tua sangat berpengaruh terhadap pross mendidik anak­anaknya dan guru mempengaruhi proses bclajar di sekolah. Untuk mewujudkan anak yang cerdas perlu adanya interaksi antara guru dan anak, sebaliknya antar orang tua dan anak, tetapi perekonomian orang tua sangat penting dan berpengaruh terhadap aktivitas I pendidikan anak. Dari pernyataan di atas dapat diambil asumsi bahwa perekonomian orang tua sangat mempengaruhi pendidikan anak, hal tersebut yang menjadi background utama dalam penyusunan skripsi yang penulis sajikan yaitu mengenai pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Guru Agama Tutul Balung Jember. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh tingkat ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di madrasah stanawiyah guru agama tutul balung jember, dan jika ada sejauh mana pengaruhnya? Untuk memperoleh data yang lengkap dan valid dalam penulisan skripsi ini maka peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh agak rendah atau lemah (0,24) tingkat ekonomi orang tua terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Guru Agama Tutul Balung Jember.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
AR, Rofidah--D51206199
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, M. Nafiur----
Subjects: Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Ekonomi orang tua; aktivitas belajar; siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2019 06:22
Last Modified: 13 Nov 2019 06:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36134

Actions (login required)

View Item View Item