Kepemimpinan pemuda pesantren dalam politik kebangsaan: perspektif Hj. Mundjidah Wahab PP Bahrul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Zulia Khoirun (2019) Kepemimpinan pemuda pesantren dalam politik kebangsaan: perspektif Hj. Mundjidah Wahab PP Bahrul Ulum Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulia Khoirun Nisa_F52917030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemuda hari ini merupakan generasi yang akan melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang. Menjadi pemimpin bukanlah suatu hal yang instan, perlu proses untuk membentuk pemimpin yang berkarakter dan mampu menghadapi tantangan zaman. Hj. Mundjidah Wahab adalah salah satu sosok pemimpin perempuan yang berasal dari pesantren. Kiprahnya dimulai sejak tahun 1968 saat menjadi ketua IPPNU. Menjajdi seorang putri kiai tidak menghalangi langkahnya untuk terjun di dunia politik. Menjadi DPRD sejak tahun 1971 sampai saat ini menjabat sebagai Bupati Jombang, tidak menjadikan beliau lupa terhadap pesantren, beliau tetap menjadi pengasuh pesantren Bahrul Ulum Jombang. melalui pesantren akan terbentuk generasi baru, yang akan melanjutkan perjuangannya di masa depan. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, konsep kepemimpinan pemuda dalam politik kebangsaan perspektif Hj. Mundjidah Wahab. Penerapan konsep kepemimpinan dalam politik kebangsaan. Manfaat penerapan konsep kepemimpinan dalam politik kebangsaan perspektif Hj. Mundjidah Wahab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Penelitian tesis ini ditujukan untuk memahami konsep kepemimpinan pemuda dalam politik kebangsaan perspektif Hj. Mundjidah Wahab. Mengetahui Penerapan konsep dan manfaat kepemimpinan dalam politik kebangsaan perspektif Hj. Mundjidah Wahab di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh fakta dan data yang ada di pesantren Bahrul Ulum. Melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Mengguanakan tiangulasi sumber untuk melakukan uji keabsahan penelitian ini. Sehingga dapat menjawab seluruh rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Pertama, jiwa kepemimpinan tidak hanya muncul dari faktor genetis, namun harus dibentuk melalui pendidikan, pembiasaan dan penanaman karakter melalui pesantren. Kedua, penerapan konsep kepemimpinan dalam pesantren melalui perumusan kurikulum pesantren, pengembangan minat bakat, organisasi serta mandiri dan disiplin di pesantren. Ketiga, manfaat penerapan konsep kepemimpinan pemuda pesantren adalah santri siap terjun di dalam masyarakat serta menjadi pemimpin berkarakter yang mampu menghadapi tantangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Zulia Khoirunzulianisa217@gmail.comF52917030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.com196004121994031001
Subjects: Pemuda Islam
Pesantren
Kepemimpinan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: ZULIA KHOIRUN NISA
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:40
Last Modified: 17 Dec 2019 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36130

Actions (login required)

View Item View Item