KONSEP PROPHETIC INTELLIGENCE (KECERDASAN KENABIAN) PERSPEKTIF HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY : STUDI ANALISIS KURIKULUM PAI DI SMA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Neny Muthi'atul (2009) KONSEP PROPHETIC INTELLIGENCE (KECERDASAN KENABIAN) PERSPEKTIF HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY : STUDI ANALISIS KURIKULUM PAI DI SMA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti disini ada tiga, yang pertama tentang konsep Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) perspektif Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, kemudian kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA, dan berikutnya adalah relevansi konsep Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) perspektif Hamdani Bakran Adz-Dzakiey dengan kurikulum PAI di SMA.
Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research atau penelitian berbasis kepustakaan. Dengan metode analisis historis, deduksi dan induksi, analisis isi dan komparasi. Dikarenakan penelitian ini berbasis kepustakaan, maka yang berupa catatan, transkrip buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, catatan agenda dan sebagainya digunakan dalam proses pengumpulan datanya.
Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) menurut Hamdani Bakran merupakan potensi atau kemampuan berinteraksi, menyesuaikan diri, memahami dan mengambil manfaat dan hikmah dari kehidupan lagit dan bumi, ruhani dan jasmani, lahir dan batin, serta dunia dan akhirat, dengan senantiasa mengharap bimbingan Allah SWT. melalui nurani. Potensi ini diperoleh karena keta’atan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tentunya kecerdasan pofetik ini bertumpu pada nurani yang bersih dari penyakit-penyakit ruhaniah, seperti syirik, kufur, nifaq, dan fasiq. Konsep Hamdani Bakran ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesehatan ruhani, prinsip-prinsip keislaman dan prinsip-prinsip keimanan.
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan. Kurikulum PAI di SMA meliputi Al-Qur’an Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Relevansi antara Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) dengan kurikulum PAI di SMA terdapat tiga hal, yaitu pertama, kesehatan ruhani relevan dengan aspek Al-Qur’an hadits, Akhlak dan Fiqih. Kedua, prinsip-prinsip keislaman yang relevan dengan aspek Al-Qur’an Hadits, dan Fiqih. Ketiga, prinsip-prinsip keimanan yang relevan dengan aspek Al-Qur’an Hadits, Aqidah, Fikih, Tarikh dan Kebudayaan. Islam. Prophetic Intelligence dan kurikulum mempunyai kesamaan dalam segi tujuannya, yaitu sama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Adapun perbedaan terdapat 3 segi, yaitu segi penggunaan kalimat, pembahasan, materi, dan isi buku.
Dan terakhir saran bagi umat Islam bahwa sejatinya tujuandan akhir daripada manusia itu adalah mengarah kepada pembentukan insan yang kamil dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Jadi diharapkan, semuanya berlomba-lomba menggapai derajat tersebut dengan semangat Iman, Islam, dan Ihsan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Neny Muthi'atulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Keywords: Pendidikan Islam; Prophetic Intelligence; Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2009
Last Modified: 05 Feb 2015 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item View Item