Pengaruh Film Kartun Islami Upin & lpin terhadap pembentukan akhlak Siswa MIN Balenrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Styowati, Endang (2010) Pengaruh Film Kartun Islami Upin & lpin terhadap pembentukan akhlak Siswa MIN Balenrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endang Styowati_D31205046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Film kartun anak-anak yang berjudul upin & ipin menunjukkan suatu pembelajaran yang baik bagi perkembangan sikap dan pengetahuan seorang anak. Dari kartun ini, kita sebagai orang tua atau pendidik tidak perlu cemas dengan beberapa kemungkinan yang tidak di inginkan teerjadi bagian integral dari proses pengetahuan agama, etika, pendidikan, clan tradisi. Sedangkan akhlak juga sangat penting pengaruhnya untuk pertumbuhan seorang anak,apalagi pada zaman sekarang ini.akhlak merupakan suatu perbuatan yang bersifat obyektif seperti apa yang di tunjukkan berapa reaksi, tanggapan, jawaban maupun balasan tapi semua itu mengajak kebaikan atau yang bersifat positif. Untuk itulah penulis ingin menjawab masalah. Yang pertama, tentang bagaimana respon siswa terhadap film kartun Upin & lpin, kedua bagaimana Akhlak siswa setelah menonton film kartun Upin & Ipin, ketiga adakah pengaruh film kartun Islami Upin & lpin terhadap pembentukan Akhlak siswa. Metode penelitian yang penulis digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode observasi, intrview, ujian tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah semua data terkumpul, penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab Pengaruh Film Kartun Islami Upin & lpin Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa MIN Balenrejo Bojonegoro. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh film kartun Upin & lpin terhadap pembentukan Akhlak siswa MIN Balenrejo Bojonegoro, peneliti menggunakan rumus "uji t", kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai "t" pada taraf signifikan 1% dan 5%. Hasilnya, to telah diperoleh sebesar 4,575; sedangkan tt = 2,06 dan 2,79 maka to /ebih besar dari pada th baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif atau Ha yang menyatakan film kartun Islami Upin & lpin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan Akhlak siswa MIN Balenrejo Bojonegoro diterima atau disetujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Styowati, Endang--D31205046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.--2009125901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Film Kartun Islami; Upin & lpin; akhlak Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:17
Last Modified: 08 Nov 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36117

Actions (login required)

View Item View Item