Penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isti'anah, Umi (2010) Penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Isti'anah_D34206012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya mutu dan kualitas dalam berpikir kritis mempengaruhi mutu dan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, oleh karena itu para pemikir ilmu pengetahuan melakukan pembaharuan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan cara menerapkan model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model yang sesuai untuk melatih kemampuan berpikir adalah model PBM. Model PBM mengorientasikan siswa pada masalah­ masalah yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir kritis, mengembangkan kemandirian, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri, sehingga dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa terhadap model PBM dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang sesuai dengan karakteristik berpikir kritis kemudian dikategorikan ke dalam 3 level yaitu level 3 (kritis), level 2 (cukup kritis), level I (tidak kritis). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki praktek pembelajaran di kelas. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs Hasyim Asy'ari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan rata-rata di atas 3,00. Aktivitas siswa tergolong aktivitas yang aktif dengan prosentase 80,12%. Rata - rata prosentase basil tes berpikir kritis yaitu banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis level 3 sebesar 17,45%, banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis level 2 sebesar 29,31%, siswa yang memiliki kemampuan berpikir krtis level 1 sebesar 51,99%. Respon siswa tergolong positif dengan rata-rata prosentase > 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isti'anah, Umi--D34206012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model PBM; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:47
Last Modified: 07 Nov 2019 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36112

Actions (login required)

View Item View Item