Pengembangan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan Matematika Realistik pada materi Himpunan di SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayana, Nur (2011) Pengembangan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan pendekatan Matematika Realistik pada materi Himpunan di SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hayana_D04206044.pdf

Download (5MB)

Abstract

Matematika sering dihubungkan dengan sesuatu yang suJit dan abstrak. Akibat atribut yang demikian, matematika diibaratkan hantu yang menakutkan dan membosankan. Kondisi ini mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Hal ini didukung dengan pembelajaran yang pada umumnya lebih berpusat pada guru bukan pada siswa. Guru lebih mendominasi kelas atau mendominasi kegiatan belajar, sedangkan siswa lebih sering berperan sebagai pendengar atau pencatat yang baik. Untuk menghindari hal tersebut di atas maka diperlukan suatu model pembelajaran yang menghubungkan secara langsung materi pelajaran dengan pengalaman nyata siswa dalam kehidupan sehari-hari serta dapat juga memaksimalkan keterlibatan siswa dalam belajar. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan matematika realistik pada materi himpunan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi: buku ajar, RPP, dan LKS. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas VIIB di SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo. lnstrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, soal tes, dan lembar angket respon siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayana, Nur--D04206044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; pendekatan matematika realistik; himpunan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2019 08:06
Last Modified: 06 Nov 2019 00:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item