Pendidikan Akhlak Santri di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2017) Pendidikan Akhlak Santri di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati_E01212033.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan kuantitatif, adalah peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan pengumpul data utama, kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif berfungsi menetapkan fokus, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data dan pembuatan kesimpulan atas temuannya. Peneliti diartikan sebagai instrumen dimana peneliti lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Seperti halnya untuk melihat kenyataan-kenyataan yang objektif dalam penelitian di pondok pesantren Al-Urwatul Wutsqo. Pendidikan akhlak adalah pendidikan mengenai dasar-dasar akhlak dan keutamaan perangai, tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa analisa sampai ia menjadi seorang mukallaf, santri tumbuh dan berkembang dengan berpijak pada landasan iman kepada Allah dan terdidik untuk selalu kuat, ingat bersandar, meminta pertolongan dan berserah diri kepada-Nya, maka ia akan memiliki potensi dan respon yang instingtif di dalam menerima setiap keutamaan dan kemuliaan. Kesimpulan dari permasalahan ini yakni Pertama; Metode keteladanan, yaitu dengan memberi contoh-contoh terhadap santri, oleh sang kiai atau ustadz dan paling tidak orang yang lebih besar dari para santri. Kedua ,Metode Mauizhah Nasihat yang pada penerapannya meliputi, Uraian yang mencakup kebaikan dan kejelekan. Motivasi agar santri dapat melakukan kebaikan dan meninggalkan kejelekan. Peringatan tentang bahaya yang akan muncul bagi orang yang melakukan kejelekan (dosa).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurnurhidayati476@yahoo.co.idE01212033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, KasnoUNSPECIFIED195912011986031006
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Agama
Depositing User: Hidayati Nur
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:53
Last Modified: 01 Nov 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36085

Actions (login required)

View Item View Item