Tradisi ritual Kemisan di Desa Surowiti Kecamatan Panceng Gresik: studi tentang ritual desa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslikhul Umam, Muslikhul Umam (2010) Tradisi ritual Kemisan di Desa Surowiti Kecamatan Panceng Gresik: studi tentang ritual desa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslikhul Umam_A02303008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mempergunakan mitos sebagai salah satu alat untuk menguraikan sejarah sosial dan kehidupan masyarakat. Pemaknaan mitos adanya beberapa tempat untuk mengadakan ritual-ritual yang dari waktu ke waktu menunjukan bahwa ada gagasan­ gagasan tertentu yang bermain dibelakang penafsiran mitos. Saat berziarah ke makam Sunan Kali Jaga, makam Raden Bagus Mataram, dan makam Empu Supo begitu dengan gua-gua yang ada ditempat itu menjadi populer dan peziarah menjadi meningkat, masuklah kepentingan ekonomi yang sampai kini dipertahankan penduduk dan pemerintah harus diakui bahwa penelitian ini hanya merupakan wacana untuk mengungkapkan mengenai sejarah desa Surowiti dan asal mula adanya ritual-ritual tersebut, dan skripsi ini hanyalah tahap awal penelitian tentang sejarah sosial masyarakat di sana. Metode penelitihan yang dipakai penulis adalah berjenis penelitihan lapangan. Maksudnya sumber data yang diperlukan berasal dari sumber data yakni; sumber lisan, sumber lapangan, data perpustakaan, study kegiatan, wawancara, observasi. Setelah data terkumpul, penulis kemudian mengolahnya dengan mengunakan metode Diskriptif - Analisis, dalam hal ini penulis akan berusaha mendeskripsikan secara sistematis dan menerangkan apa adanya dari hasil-hasil yang diperoleh dari peristiwa yang ada kemudian di tarik menjadi kesimpulan. Meskipun penelitian ini tidak menemukan bukti lainnya yang bisa memperkuat skripsi mengenai Tradisi Keagamaan Di Desa Surowiti dalam studi tentang ritual desa., namun tidak mustahil menemukan sumber-sumber lain yang bisa menguak benang merah antara mitos dan sejarah. Menelusi sejarah sosial masyarakat di daerah Gunung Surowiti khususnya, membutuhkan waktu dan kesabaran karena kelangkaan keterangan dan data­ data yang berhubungan dengan sejarah tersebut dan juga tidak semua masyarakat yang tahu dan mengerti mengenai asal-usul desa Surowiti Ada kemungkinan besar bahwa informasi yang pokok mengenai sejarah sebagai kuncinya adalah kitab yang otentik ditulis tangan oleh Sunan Kali Jaga sendiri di atas kumpulan kertas dari bahan kulit hewan dengan tinta Cina, kitab itu setebal kitab Al Qur'an besar yang sampai detik ini masih disimpan oleh kepala desa Surowiti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslikhul Umam, Muslikhul UmamUNSPECIFIEDA02303008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSukarma, SukarmaUNSPECIFIED196310281994031004
Subjects: Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Tradisi; ritual Kemisan; ritual desa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:19
Last Modified: 31 Oct 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item