Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Suami Istri Tinggal Serumah Pasca Bercerai Demi Anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Madoniyah, Rohfita (2019) Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Suami Istri Tinggal Serumah Pasca Bercerai Demi Anak. Undergraduate thesis, UIN sunan ampel surabaya.

[img] Text
Rohfita Madoniyah_C91215151 - WATERMARK.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang terjadi di Desa Kroman Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Dengan judul Analisis Maslahah Mursalah terhadap suami istri tinggal serumah pasca bercerai demi kebaikan anak. Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah sebagaimana berikut 1. Bagaimana deskripsi suami istri tinggal serumah pasca bercerai demi anak di Desa Kroman Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik 2. Bagaimana Analisis Maslahah Mursalah terhadap suami istri tinggal serumah pasca bercerai demi anak di Kabupaten Gresik.
Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi. Dianalisis menggunakan teknik deskriptif, dengan pola pikir deduktif. Data juga dianalisis dengn menggunakan teori-teori maslahah mursalah. Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa suami istri yang tinggal serumah pasca bercerai demi anak di kabupaten Gresik adalah Toni dan Ani. Perceraian membawa konsekuensi bahwa mereka tidak boleh tinggal serumah, akan tetapi ketika mereka tidak tinggal serumah menjadi penyebab anaknya yang bernama Rani mengalami gangguan emosional. Prilaku Rani ketika emosional yaitu memukul tubuhnya, menendang pintu rumah, melempar perabotan rumah, perilaku Rani tersebut membuat tetangganya ikut menasehati Rani, akan tetapi tidak ada hasil. Berbagai up ayah dilakukan keluarga Rani akan tetapi tidak ada hasil, Rani semakin marah sampai mengancam bunuh diri apabila kedua orang tuanya tidak tinggal serumah. Sehingga Ani mengumpulkan keluarga besarnya untuk bermusyawarah,Ani jugamengundang pak ustad untuk menjadi penengah. Dalam musyawarah pak Ustad menyarankan kepada Ani dan Toni untuk tinggal serumah dengan syarat tidak boleh satu kamar dan tidak boleh berdekatan kecuali ada orang lain. Analisis maslahah mursalah suami istri tinggal serumah pasca bercerai sejalan dengan maqosid syariah dan telah terpenuhinya syarat -syarat dalam pendekatan teori maslahah mursalah dan termasuk dalam kategori maslahah darruriyah. Toni dan Ani boleh tinggal serumah pasca bercerai untuk menyelamatkan nyawa Rani karena mengancam bunuh diri dan untuk mencegah kerusakan karena ketika Toni dan Ani tidak tinggal serumah juga membuat kerusakan tetangganya. Sehingga Toni dan Ani harus tinggal serumah untuk kemaslahatan semua orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Madoniyah, RohfitaVhitaloras123@gmail.comC191215151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChoiroh, IfamutitulUNSPECIFIED197903312007102002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Hukum Islam, Transplantasi Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Madoniyah Rohfita
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:58
Last Modified: 25 Oct 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36032

Actions (login required)

View Item View Item