Penciptaan manusia dalam Al-Qur`an telaah penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saudi, Mochammad (2019) Penciptaan manusia dalam Al-Qur`an telaah penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Saudi_F02515124.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Penulis ini adalah hasil Penelitian pustaka (library reseacrh) yang mempunyai tujuan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berdasarkan rumusan masalah. Dalam rangka untuk menjawab pada rumusan masalah, penulis melakukan penelitian dengan menghimpun literatur-literatur yang berhubungan dan relevan dengan penciptaan manusia dalam al-Qur’an perspektif Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah melalui telaah terhadap metodologi penafsiran dari aspek sumber, metode dan kecenderungan. Hasil penelitian Manusia diciptakan Allah melalui beberapa proses bertahap, sebagaimana Allah menciptakan nabi Adam dari saripati air yang tanah (at-Tin) kemudian diserap menajadi air mani “Sperma” (Sulalatin mim main mahin) dari seorang laki-laki yang bercampur dengan sel telur ( dari seorang perempuan) didalam mani terdapat sperma, sperma inilah yang menjadi bahan baku penciptaan fisik manusia setelah bertemu dengan sel telur (Ovarium ) setelah pembentukan fisiknya sempurna, maka Allah meniupkan roh ciptaanya. Mengenai Tafsir al-Misbah diketahui bahwa metode yang di gunakan tafsir di atas bila dilihat dari aspek sumber penafsirannya tafsir tersebut temasuk dalam kategori metode bi al-Iqtiran atau perpaduan antara metode bi al-Ma’thur dan bi al-Ra’yi. Lalu bila dilihat dari segi cara penjelasannya terhadap penafsiran ayat, maka tafsir tersebut termasuk dalam kategori metode Muqorin metode yang mengemukakan penafsiran ayat-ayat al-Qur’an yang ditulis oleh sejumlah mufassir, Kemudian dari segi keluasan penjelasan tafsir diketahui bahwa tafsir tersebut menggunakan metode tafsir Itnabi atau penafsiran secara global tanpa adanya penjelasan rinci, bila dilihat dari segi sasaran dan tertib ayat-ayat yang ditafsirkan menggunakan metode tafsir Tahlili atau penafsiran berdasarkan urutan surat dalam al-Qur`an mulai dari surat al-Fatihah sampai al-Nas. sedangkan corak yang digunakan adalah corak tafsir al-`Adabi al-Ijtima`I lebih dominan, disamping ada pula corak Ilmy, fiqhy dalam penafsirannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saudi, Mochammadmusaitirun1@gmail.comF02515124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. RidlwanUNSPECIFIED195008171981031002
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Penciptaan Manusia: Quraish Shihab
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Saudi Mochammad
Date Deposited: 03 Dec 2019 02:43
Last Modified: 03 Dec 2019 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36017

Actions (login required)

View Item View Item