Peningkatan pemahaman materi gerak benda mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sidhayatra, Widya (2019) Peningkatan pemahaman materi gerak benda mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Sidhayatra_D77214079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena temuan yang ada di kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo tentang kurangnya pemahaman materi pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran yang bersumber dari buku materi dan penggunaan metode ceramah yang dominan membuat siswa kurang aktif selama pembelajaran. Sehingga perlu diterapkan metode eksperimen untuk membuat siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen pada materi gerak benda pada mata pelajaran IPA kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada materi gerak benda di kelas III MINU Wedoro Waru Sidoarjo setelah menggunakan metode eksperimen? Penelitian ini dilakukan di MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model Penelitan Tindakan Kelas yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang meiliki 4 tahap di setiap siklusnya yaitu perencaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan metode eksperimen berjalan dengan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 86,84 dan meningkat menjadi 93,42 pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 81,94 meningkat menjadi 94,44 pada siklus II. 2) Pemahaman materi siswa pada mata pelajaran IPA juga meningkat seiring penerapan metode eksperimen ini. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata skor dan hasil ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata skor yang didapat adalah 68,76 dengan ketuntasan belajar 29,14%. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor yang didapat adalah 80,88 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 82,35%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sidhayatra, Widyawsidhayatra@gmail.comD77214079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com197212152002122002
UNSPECIFIEDNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Pemahaman materi; metode; eksperimen;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SIDHAYATRA WIDYA
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:37
Last Modified: 21 Oct 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35990

Actions (login required)

View Item View Item