Pengelolaan hasil pertanian kedelai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basir, Muhammad (2019) Pengelolaan hasil pertanian kedelai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bulu Tellue Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Basir_B52215033.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pendampingan yang dilakukan peneliti dalam mendampingi masyarakat Desa Bulu Tellue dengan tujuan melakukan riset untuk memberdayakan melalui aset alam yang melimpah berupa tanaman kedelai yang banyak ditanam oleh petani di sawah mereka masing-masing dengan skala panen bertahunnya mampu mencapai 9-20 ton. Begitu juga aset manusia yang menjadi letak kekuatan masyarakat Desa Bulu Tellue. sebagaimana kahlian yang dimilki ibu-ibu kelompok wanita tani mawar mekar yang mempunyai beragam keterampilan yang kreatif. Kombinasi aset alam dan aset manusia Desa Bulu Tellue mengatarkan meraka dari ketidak berdayaan akan aset alam menuju keberdayaan dengan cara mampu pengelolaan aset alam yang mereka punya. Peneliti menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) mengutamakan pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki masyrakat sebagai bahan pemberdayaan dalam melakukan proses perubahan sosial. Melalui langkah 5-D dalam Apreciative Iquiry dengan menemukan,mengumkap aset dan potensi. Discovery, membangun mimpi Dream, merancang dan menyusun strategi dari mimpi yang suda dibangun Disign selanjutnya melakukan melakukan aksi dari strategi yang suda di rancang Define, sampai melakukan monitoring dan evaluasi Destiny. Strategi yang digunakan dalam mengembangkan aset alam berupa tanaman kedelai adalah menciptkan usaha melalui pengelolaan hasil pertania kedelai untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Melalui kegiatan pembuatan produk berupa susu dan kopi kedelai selain itu di dukung dengan adanya pelatihan Management dan Marketing Online. Sehingga masyarakat dapat membangun sebuah usaha produktif melalui kratifitas mereka sendiri. Adapun perubahan sosial yang terjadi di masyarakat selama pendampingan yaitu menculnya kesadaran masyarakat akan aset alam yang melimpah yang mereka miliki berupa tanaman kedelai yang dapat di produksi menjadi sebuah produk unggulan desa sampai terbentuknya kolompok usaha sebagai pengelola dampai diperoleh pemasukan sebagai upaya menambah penghasilan sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basir, Muhammadmuhammadbasir366@gmail.comB52215033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafi'amharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Basir Muhammad
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:08
Last Modified: 21 Oct 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35984

Actions (login required)

View Item View Item