Peningkatan keterampilan komunikasi pada pembelajaran Tematik subtema pentingnya menjaga asupan makanan sehat melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining bagi siswa Kelas V MI al Hidayah Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumardi, Santi Pangestuti (2019) Peningkatan keterampilan komunikasi pada pembelajaran Tematik subtema pentingnya menjaga asupan makanan sehat melalui model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining bagi siswa Kelas V MI al Hidayah Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santi Pangestuti Sumardi_D77214075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dikembangkan adalah keterampilan komunikasi. Dalam kurikulum 2013, keterampilan komunikasi berperan penting dalam proses pembelajaran. Menurut hasil pengamatan pra siklus dan wawancara dengan guru pembelajaran tematik dipaparkan bahwa keterampilan komunikasi siswa kurang. Dilihat dari segi penerapan, siswa kurang mampu menyampaikan gagasan di depan umum. Hal tersebut menjadi salah satu latar belakang peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui: 1)Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap peningkatan keterampilan komunikasi siswa kelas V pada subtema Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat di MI Al-Hidayah Tarik Sidoarjo. 2)Peningkatan keterampilan komunikasi siswa kelas V pada subtema Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining di MI Al-Hidayah Tarik Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Siklus yang dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terlaksana dengan sangat baik. Nilai akhir aktivitas guru pada tahap pra siklus sebesar 93.75 meningkat pada siklus I menjadi 96.05 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 97.62. Nilai aktivitas siswa pada tahap pra siklus sebesar 65.00 meningkat pada siklus I menjadi 96.05 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 96.43. 2)Keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan keterampilan komunikasi sebanyak 32% (kurang sekali). Pada tahap siklus II persentase ketuntasan keterampilan komunikasi sebanyak 84% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumardi, Santi Pangestutisantisumardi@gmail.comD77214075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, NurUNSPECIFIED197212152002122002
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sumardi Santi Pangestuti
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:41
Last Modified: 23 Oct 2019 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35982

Actions (login required)

View Item View Item