Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui metode Write Around pada siswa Kelas III MI Darul Muta'alimin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Nur (2019) Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui metode Write Around pada siswa Kelas III MI Darul Muta'alimin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mufidah_D97215103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sidoarjo mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menyusun paragraf. Hal ini dikarenakan pemilihan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi. Guru menggunakan metode pembelajaran ceramah padahal itu, masalah yang terjadi di dalam kelas sangat kompleks. Siswa belum percaya diri dalam menuliskan gagasannya, kurangnya pembendaharaan kata yang dimiliki siswa dan kurangnya pemahaman siswa terhadap kaidah tata bahasa yang baik dan benar. Nilai keberhasilan menulis siswa pra-siklus hanya 16 dari 36 siswa yang tuntas. Tujuan penilitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan metode Write Around dalam meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas III Mi Darul Muta’alimin Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis paragraf menggunakan metode Write Around pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sidoarjo. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI Darul Muta’alimin Sidoarjo, dengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, penilaian unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode Write Around materi menyusun paragraf dapat berjalan dengan baik terlihat pada aktivitas guru siklus I skor akhir yang didapat yakni 79, pada siklus II skor akhir aktivitas guru meningkat menjadi 89. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan skor akhir aktifitas siswa pada siklus I 78 meningkat menjadi 87 pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menulis siswa terjadi setelah penerapan metode Write Around dengan presentase ketuntasan hasil belajar pra siklus 41% (sangat kurang), meningkat pada siklus I menjadi 72% (cukup) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Nurnurmufidahh@gmail.comD97215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIED197306062003122005
Thesis advisorWakhidah, NurUNSPECIFIED197212152002122002
Subjects: Keterampilan
Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufidah Nur
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:21
Last Modified: 18 Oct 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35981

Actions (login required)

View Item View Item