Analisis Urf dan Maslahah Mursalah terhadap Praktik Jual Beli Ikan Lele dengan Sistem Angetan di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaim, Mirza Fakhriz (2019) Analisis Urf dan Maslahah Mursalah terhadap Praktik Jual Beli Ikan Lele dengan Sistem Angetan di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Mirza Fakhriz Zaim .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini judul Analisis Urf dan Maslahah Mursalah terhadap Praktik Jual Beli Ikan Lele dengan Sistem Angetan di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung‛, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik jual beli ikan lele dengan sistem angetan di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung dan bagaimana analisis ‘Urf dan Maslahah mursalah terhadap praktik jual beli ikan lele dengan sistem angetan di Desa Gondosuli Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan situasi dan kondisi dilapangan tentang Analisis ‘Urf dan Maslahah Mursalah terhadap Praktik Jual Beli Ikan Lele dengan Sistem Angetan. Dalam penelitian ini penulis juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik pengelolaan data melalui tahap organizing , editing , analizing . Dengan berdasarkan data tersebut penulis berupaya mendeskripsikan dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, praktik jual beli ikan lele dengan sistem angetan sudah dilakukan oleh masyarakat sejak dahulu dalam transaksi jual beli ikan lele perhitungantimbangan setiap kali melakukan proses timbangan ada tambahan angetan yang diminta oleh pembeli, sehingga mempengaruhi berat ikan yang di timbang semakin bertambah namun dalam penentuan harga jual sesuai dengan perhitungan timbangan yang dilakukan diawal sebelum mendapatkan tambahan angetan. dilihat dari kebiasaan masyarakat yang sudah terjadi sejak dahulu termasuk ‘urf sahih dan menurut maslahah mursalah sebagai landasan penegasan hukumnya yang sudah dijelaskan. Dalam praktik jual beli ikan lele ini meskipun pihak pembeli merasa dirugikan ada kemudharatan dalam transaksi angetan tersebut masih ada manfaatnya saling rela dan tidak bertentangan dengan shara. Dari kesimpulan diatas, maka disarankan pihak penjual dan pembeli membuat transaksi pengitungan lain yang lebih baik tidak ada unsur yang merugikan salah satu pihak, saling mengedepankan prinsip kejujuran dan saling rela antara kedua belah pihak yang melakukan transkasi angetan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaim, Mirza Fakhrizmirzazaim1@gmail.comC92215120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorSauqi, Saugimirzazaim1@gmail.comC92215120
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Za'im Moch Mirza Fakhriz
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:12
Last Modified: 22 Oct 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35979

Actions (login required)

View Item View Item