Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dalam pembelajaran Matematika pada materi pokok Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnah, Shofinatun (2011) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dalam pembelajaran Matematika pada materi pokok Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofinatun Husnah_D04206043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu cara yang tepat yang dapat digunakan guru unruk mengatasi pobia atau masalah siswa dalam belajar matematika. Karena dengan menggunakan media pembelajaran dapat memudahkan untuk menyampaikan informasi dari guru ke siswa, atau sesama siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang sedang di pelajari. Selain itu, menggunakan media pembelajaran juga dapat mempermudah dan mengaktifkan proses pembelajaran sehingga menjadikan proses pembelajaran lebih menarik. Ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dalam pembelajaran matematika pada materi pokok teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik yang valid, praktis dan efektif. Proses pengembangan multimedia pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang dikenal dengan model 4-D (Four D Model) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, dalam pelaksanaanya peneliti banya sampai pada tahap pengembangan saja. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dalam pembelajaran matematika ini, dilakukan uji coba tebatas pada siswa kelas VIII-A SMP Sunan Ampel Menganti Gresik, yang diambil secara proporsional dari tiga tingkatan yang berbeda. Yaitu tingkat kemampuan siswa berkemampuan tingg tingkat kemampuan siswa yang berkemampuan sedang dan tingkat kemampuan siswa yang berkemampuan rendah. Basil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dikatakan baik jika memenuhi tiga kriteria, yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektivan. Berdasarkan basil analisis data penelitian, multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax memenuhi kriteria valid (3,04), memenuhi kriteria kepraktisan karena masing-masing validator menilai multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax dapat digunakan dengan sedikit revisi (B), basil file rekaman isian siswa pada pertemuan pertama dan kedua 92,86% dan 85,71 % dan basil pengamatan masalah siswa 12,73% dan 10,490/o . Tes basil belajar siswa memenuhi ketuntasan sebesar 85,71% dan respon positif siswa memenuhi 93,65%. Sehingga multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan program SwishMax memenuhi kriteria keefektifan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnah, ShofinatunUNSPECIFIEDD04206043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran interaktif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:51
Last Modified: 31 Oct 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35975

Actions (login required)

View Item View Item