Studi Kelayakan tempat Rukyatulhilal di Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban dalam perspektif Astronomis Geografis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sakinah, Imroatus (2019) Studi Kelayakan tempat Rukyatulhilal di Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban dalam perspektif Astronomis Geografis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatus_Sakinah_C98215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan bagaimana latar belakang penggunaan Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban sebagai tempat observasi hilal dan bagaimana kelayakan tempat Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban sebagai tempat observasi hilal dalam penentuan awal bulan kamariah dari perspektif astronomis geografis. Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data primer yang penulis gunakan adalah dokumen-dokumen hasil rukyatulhilal, wawancara Kemenag Tuban bagian Penyelenggara Syariah, Tim BHR, dan BMKG. Diantaranya teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Data diolah dengan cara editing, coding, dan tabulasi. Lalu dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini diketahui bahwa: Latar belakang penggunaan Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban sebagai tempat observasi hilal yaitu berasal dari Tim BHR dan Kemenag Tuban bagian Penyelenggara Syariah yang melakukan rukyatulhilal di berbagai tempat, namun selalu mengalami kegagalan dalam mengobservasi hilal. Kemudian melalui pencarian selanjutnya, akhirnya menemukan Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori Kabupaten Tuban sebagai tempat rukyatulhilal. Kemudian hasil kelayakan tempat rukyatulhilal di Bukit Banyu Urip dalam perspektif astronomis yang menggunakan metode perhitungan manual dari beberapa titik koordinat dan elevansi yang berbeda dengan perhitungan Kemenag Tuban yang berkontribusi dengan Tim BHR Tuban telah menghasilkan kesimpulan bahwa perhitungan Kemenag Tuban dan Tim BHR Tuban cukup akurat karena selisih 4-9 menit. Hasil kelayakan tempat rukyatulhilal di Bukit Banyu Urip dalam perspektif geografis telah menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa, tempat itu layak digunakan untuk melaksanakan rukyatulhilal terutama ketika bulan Juni dan Juli. Tempat itu juga layak digunakan rukyatulhilal, karena memiliki ketinggian tempat yang tinggi, luas pandang bebas ke arah ufuk, akomodasi, dan jaringan komunikasi. Namun dari sisi aksesbilitas mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi tetapi sulit untuk dijangkau dengan kendaraan umum. Penulis memberikan saran dalam penelitian ini kepada Pemerintah Kabupaten Tuban hendaknya memaksimalkan menara rukyatulhilal, agar masyarakat umum dan mahasiswa/i bisa berkontribusi dalam menyaksikan melihat hilal/tidak melihatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sakinah, Imroatusimroatussakinah165@gmail.comC98215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainulnungky_diamond@yahoo.com198912292015032007
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Ru'yat; hilal; astronomi geografis; bukit Banyua Urip; Senori; Tuban
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Sakinah Imroatus
Date Deposited: 17 Oct 2019 06:33
Last Modified: 17 Oct 2019 06:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35970

Actions (login required)

View Item View Item