Peningkatan keterampilan berbicara melalui media Papan Flannel Bergambar pada anak Kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuangtasari, Yenni Putri (2019) Peningkatan keterampilan berbicara melalui media Papan Flannel Bergambar pada anak Kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yenni Putri Nuangtasari_D98214064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo, keterampilan berbicara dalam hal ini kemampuan anak menceritakan kembali cerita yang sudah didengar. Anak yang dikatakan tuntas dalam keterampilan berbicaranya pada pra siklus hanya 40% dengan nilai rata-rata 63,9 yakni 8 dari 20 anak saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media papan flannel bergambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo dan mengetahui peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari tahap pra siklus, siklus I dan Siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 3 hari dengan subjek seluruh kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Rochmatulloh Kalijaten Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada pra siklus siswa yang tuntas 8 anak, dengan nilai rata-rata 63,9 dan prosentase 40%, pada siklus I meningkat menjadi 13 anak dengan nilai rata-rata 73,2 dan prosentase 65% dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 16 anak yang tuntas dengan nilai rata-rata 90,5 dan prosentase 80%, hal itu dapat disimpulkan bahwasanya penngunaan media papan flannel bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuangtasari, Yenni Putriaryeni2522@gmail.comD98214064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyafi'i, ImamUNSPECIFIED197011202000031002
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIED197304092005012002
Subjects: Keterampilan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nuangtasari Yenni Putri
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:13
Last Modified: 18 Oct 2019 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item