Penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas pelanggan di Toko Bursa Sajadah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Moch. Choirul (2019) Penerapan etika bisnis Islam dalam membangun loyalitas pelanggan di Toko Bursa Sajadah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Choirul Fahmi_G04214019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Membangun Loyalitas Pelanggan di Toko Bursa Sajadah” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana etika bisnis islam di toko Bursa Sajadah Surabaya dan Penerapan Etika Bisnis Islam dalam membangun loyalitas pelanggan di Toko Bursa Sajadah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pedekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung kepada narasumber yaitu Manager Area Regional, Kepala Cabang, pihak-pihak toko dan customer pada Toko Bursa Sajadah Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis islam dalam membangun loyalitas pelanggan ditunjang empat aspek etika yaitu etika pemasaran Islam yang dilakukan melalui web online, flyering, brosur dan sosial media. Etika pelayanan lebih mengedepankan pelayanan yang prima yaitu service excellent, etika kualitas produk terjamin dan terjaga dan etika harga sangat terjangkau. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Toko Bursa Sajadah sudah memenuhi standart etika bisnis islam dan dapat dikatakan berhasil dalam membangun loyalitas pelanggan. Standart Etika tersebut meliputi Etika pemasaran Islam yang dilakukan melalui web online, flyering, brosur dan sosial media yang tetap menjaga amanah dalam menyampaikan informasi yang sesuai. Etika pelayanan lebih mengedepankan service excellent , Etika kualitas produk terjamin dan terjaga dan etika harga sangat terjangkau. empat aspek Etika yang di diterapkan oleh Toko Bursa Sajadah sudah memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis. Selain itu peneliti juga meneliti customer mengenai loyalitas pelanggan pada toko tersebut. untuk mengetahui kepercayaan pelanggan terhadap toko dapat melalui tiga tahapan yaitu memilih TokoBursa Sajadah, melakukan pembelian, dan merekomendasikan kepada keluarga,sauadara dan teman. Adapun saran yang dapat menjadi masukan pada Toko Bursa Sajadah yaitu pada hubungan kerja sama terhadap perusahaan penyedia layanan perjalanan haji/umrah agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat kota Surabaya pada khusunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Moch. ChoirulChoirulfahm1602@gmail.comG04214019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, DeasyUNSPECIFIED19831228201101200
Subjects: Etika
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahmi Moch. Choirul
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:51
Last Modified: 18 Oct 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35949

Actions (login required)

View Item View Item