Peningkatan hasil belajar materi Pecahan Menggunakan Media Roda Pintar di Kelas IV MI Muhammadiyah 02 Pondok Modern Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ageung Puspita Sari, Gita (2019) Peningkatan hasil belajar materi Pecahan Menggunakan Media Roda Pintar di Kelas IV MI Muhammadiyah 02 Pondok Modern Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gita Ageung Puspita Sari_D07215014 (Watermark).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar Matematika materi Pecahan rendah. Hasil wawancara dengan guru kelas, observasi pembelajaran dan hasil ulangan harian menunjukkan 42,86% yang tuntas. Pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Media yang digunakan buku paket, papan tulis, dan lembar kerja peserta didik. Peserta didik cepat bosan dan ramai dalam pembelajaran yang dilakukan guru, karena pembelajaran Teacher Center bukan Student Center dan kurang bervariatif dalam menerapkan strategi, metode, media pembelajaran, sehingga perlu dilakukan variasi dan perbaikan pembelajaran, peneliti berinisiatif melakukan variasi media belajar menggunakan media roda pintar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan media roda pintar untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Pondok Modern Paciran Lamongan? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media roda pintar materi pecahan di kelas IV MI Muhammadiyah 02 Pondok Modern Paciran Lamongan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan di setiap siklusnya diantaranya 1) perencanaan (planning), 2) tindakan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media roda pintar terlaksana dengan baik terbukti hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 81,5 (baik) meningkat menjadi 95,83 (sangat baik). Hasil observasi aktivitas peserta didik adalah 72,92 (cukup) meningkat menjadi 93,75 (sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar menggunakan media roda pintar terbukti dari hasil pra siklus 42,86% meningkat pada siklus I menjadi 66,67% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,71%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ageung Puspita Sari, Gitagitaageungps@gmail.comD07215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Gita Ageung Puspita
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:00
Last Modified: 17 Oct 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35940

Actions (login required)

View Item View Item