Hubungan kematangan emosi dengan Agresivitas Verbal yang dilakukan pada kalangan mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Olga, Nabilah Fanni (2019) Hubungan kematangan emosi dengan Agresivitas Verbal yang dilakukan pada kalangan mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Fanni Olga_B07212064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Agresivitas verbal adalah tindakan niat yang dilakukan untuk menyakiti orang lain melalui ucapan atau kata-kata misalnya berkata kasar, mengintimidasi, danmakian yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Perilaku agresif selain disebabkan dari luar (eksternal) juga terdapat faktor internal, yaitu kematangan emosi. Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan antar variabel. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian iniadalah mahasiswa yang berjumlah 70 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik (purposive sampling) dan dilakukan pengujian menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kematangan emosi dengan agresivitas pada mahasiswa. Selain itu, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa kematangan emosi merupakan salah satu faktor atau bukan satu-satunya faktor yang mutlak mempengaruhi perilaku agresif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan bahwa besaran pengaruh kematangan emosi terhadap perilaku agresif dalam penelitian ini sebesar 21,0%, sehingga masih terdapat 79% faktor lain yang mempengaruhi agresivitas verbal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Olga, Nabilah Fanninabilahfanni@gmail.comB07212064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFauziyah, NailatinUNSPECIFIED197406122007102006
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Olga Nabilah Fanny
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:12
Last Modified: 15 Oct 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35930

Actions (login required)

View Item View Item