Sistem koordinasi pelaksanaan program kerja pengurus ranting IPNU Wedoro Waru Sidoarjo Tahun 2018-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoir, Muchammad Miftachul (2019) Sistem koordinasi pelaksanaan program kerja pengurus ranting IPNU Wedoro Waru Sidoarjo Tahun 2018-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Miftachul Khoir_B04215014.pdf

Download (9MB)

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitin ini adalah sistem koordinasi dalam melaksanakan program kerja di ranting IPNU Wedoro Waru Sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti merumuskan masalah. Pertama, bagaimana sistem koordinasi pelaksanaan program kerja pengurus ranting IPNU Wedoro Waru Sidoarjo. Kedua, bagaimana strategi keharmonisan, keselarasan, dan keseimbangan dalam koordinasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan trianggulasi data dan meningkatkan ketekunan untuk menguji keabsahan data. Selanjutnya, peneliti melakukan pemilahan data, penyajian data, dan analisis data secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah sistem koordinasi selalu dilakukan oleh seluruh pengurus dan anggota ranting IPNU Wedoro Waru Sidoarjo. Sistem koordinasi dalam melaksanakan program kerja terdiri dari beberapa sistem. Pertama, BPH (badan pengurus harian) mengingatkan agenda program kerja kepada koordinator di setiap departemen. Kedua, BPH membentuk sebuah panitia untuk melaksanakan agenda program kerja tersebut. Ketiga, panitia pelaksana dan BPH membuat grup WA (WhatsApp). IPNU Wedoro Waru Sidoarjo menggunakan beberapa strategi koordinasi. Pertama, strategi keharmonisan. Strategi keharmonisan ditunjukkan dengan rasa saling menghargai, saling terbuka, dan komunikasi yang baik antara anggota dengan pengurus. Kedua, strategi keserasian. Strategi keserasian ditunjukkan dengan keputusan ketua yang cepat dan transparan. Selain itu, ketua juga dapat menjaga komunikasi yang baik antara anggota dengan pengurusnya. Ketiga, strategi keseimbangan. Strategi keseimbangan ditunjukkan dengan kebijaksanaan ketua dalam mengambil keputusan. Kemudian, anggota bersikap disiplin dalam menjalankan kewajibannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoir, Muchammad Miftachulmiftakhoir125@gmail.comB04215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorArifin, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Khoir Muchammad Miftachul
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:36
Last Modified: 11 Oct 2019 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35921

Actions (login required)

View Item View Item