Efektivitas distribusi dana zakat di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dengan pendekatan Zakat Core Principle (ZCP)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Rifqah (2019) Efektivitas distribusi dana zakat di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dengan pendekatan Zakat Core Principle (ZCP). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifqah Karimah_C87215029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Distribusi Dana Zakat Di Lembaga Manajemen Infaq (LMI) dengan Pendekatan Zakat Core Principle (ZCP)” ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu peneliti menjelaskan fakta yang ada di lapangan untuk mengetahui bagaimana pendistribusian dana zakat dan efektivitas distribusi dana zakat di Lembaga Manajemen Infaq. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data penelitian ini dengan mengunakan dua cara yaitu teknik wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait yakni Direktur Pelaksana, Senior Manajer Pendayagunaan dan enam orang mustahiq. Kedua dengan cara teknik dokumentasi berupa laporan keuangan pada tahun 2015,2016, 2017 dan 2018. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama pendistribusian dana zakat di Lembaga Manajemen Infaq didistribusikan kepada semua golongan mustahiq kecuali riqob. Hal ini sesuai dengan pendapat dari imam Syafi’i menganjurkan zakat didistribusikan kepada semua golongan mustahiq. Jika tidak ada maka boleh didistribusikan kepada beberapa kelompok yang ada. Bentuk distribusi yang ada di LMI ada tiga bentuk yakni distribusi konsumtif tradisional pada program ekonomi, kemanusiaan dan dakwah, distribusi konsumtif kreatif pada program pendidikan dan kesehatan serta distribusi produktif kreatif pada program ekonomi berupa bantuan usaha modal perorangan dan bersama. Kedua Efektivitas distribusi dana zakat di Lembaga Manajemen Infaq dengan menggunakan Zakat Core Principle (ZCP) ada dua kategori yakni dengan perhitungan Disbursemen Collection Ratio (DCR) dan Kecepatan Waktu. Perhitungan menurut DCR tahun 2015 sebesar 67%, tahun 2016 sebesar 65%, tahun 2017 sebesar 104% dan tahun 2018 sebesar 120% sehingga masuk kategori DCR efektif. Kecepatan waktu pada program konsumtif waktu yang dibutuhkan saat didistribusikan selama satu bulan. Dan kecepatan waktu pada pogram produktif waktu yang dibutuhkan pada saat distribusi yaitu selama satu bulan. Dapat disimpulkan bahwa LMI telah mendistribusikan secara efektif baik dari segi rasio DCR dengan kategori sangat efektif maupun kecepatan waktu distribusi masuk dalam kategori cepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Rifqahkarimahrifqah@gmail.comC87215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGati, Vidiavidiagatira@gmail.com197605102007012030
Subjects: Zakat
Uncontrolled Keywords: Dana zakat; Lembaga Manajemen Infaq (LMI); Zakat Core Principle (ZCP)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Karimah Rifqah
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:55
Last Modified: 11 Oct 2019 01:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35907

Actions (login required)

View Item View Item