Literasi Wakaf pada masyarakat untuk memunculkan minat berwakaf: studi pada Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husniyah, Prastika Zakiyatul (2019) Literasi Wakaf pada masyarakat untuk memunculkan minat berwakaf: studi pada Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Prastika Zakiyatul Husniyah_C07215008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Literasi Wakaf Pada Masyarakat Untuk Memunculkan Minat Berwakaf (Studi Pada Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur dalam memberikan literasi terkait wakaf dan bagaimana pemahaman masyarakat terhadap literasi wakaf sehingga memunculkan minat dalam berwakaf. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak Badan Wakaf Indonesia Jawa Timur meliputi Ketua Badan Pelaksana, divisi Pengelolaan dan Pemberdayaan Wakaf, divisi Hubungan Masyarakat, serta masyarakat wilayah Surabaya dan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya BWI JATIM dalam memberikan literasi wakaf adalah dengan memberikan sosialisasi terkait wakaf kepada masyarakat umum, memberikan pembinaan pada naẓir terkait pengelolaan wakaf, menyampaikan materi khutbah wakaf, menitipkan kepada para ustad terkait fikih wakaf dalam suatu pengajian, dan adanya kerja sama antara BWI yang ada di kabupaten/kota dengan KANWIL KEMENAG JATIM. Sedangkan pemahaman masyarakat terhadap literasi wakaf sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari pengetahuan dasar yang meliputi definisi ringkas terkait wakaf, objek wakaf, dan hikmah/manfaat dari berwakaf yang dimiliki oleh setiap informan yang diwawancarai. Adapun dalam memunculkan minat berwakaf seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor pengetahuan dan tingkat religiusitas yang dimiliki oleh masing-masing individu. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar dapat meneliti lebih dalam lagi terkait pengetahuan wakaf dan minat berwakaf seseorang di wilayah yang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husniyah, Prastika Zakiyatulprastika.husniyah@gmail.comC07215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id195005201982031002
Subjects: Wakaf
Uncontrolled Keywords: Literasi Wakaf; minat berwakaf; Badan Wakaf Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Husniyah Prastika Zakiyatul
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:58
Last Modified: 11 Oct 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35906

Actions (login required)

View Item View Item