Efektivitas pendayagunaan dana Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) melalui program Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Yatim Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskyana, Devy (2019) Efektivitas pendayagunaan dana Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) melalui program Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Yatim Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devy Riskyana_C07215001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Pendayagunaan Dana Zakat Infak Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) melalui Program Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Yatim Mandiri Surabaya” ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana faktor pendukung dan penghambat serta efektivitas pendayagunaan dana zakat infak sedekah dan wakaf (ziswaf) melalui program Mandiri Entrepreneur Center (MEC) Yatim Mandiri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di lapangan secara langsung untuk menggali informasi yang berkaitan mengenai pendayagunaan dana zakat infak sedekah dan wakaf di Mandiri Entrepreneur Center (MEC). Pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan informan Direktur Mandiri Entrepreneur Center (MEC) dan alumni Mandiri Entrepreneur Center (MEC). Hasil penelitian yang diperoleh adalah Faktor pendukung dalam pendayagunaan dana ziswaf melalui program MEC yaitu, MEC telah terakreditasi B, kekuatan antar cabang Yatim Mandiri dan MEC di berbagai daerah dalam mencari peserta MEC, tanah dan bangunan yang digunakan adalah milik Yatim Mandiri dan khusus untuk MEC, beberapa staff MEC dan Yatim Mandiri yang merupakan lulusan MEC, para donatur yang setia menyalurkan dananya pada Yatim Mandiri, serta mitra ataupun donatur Yatim Mandiri yang meminta lulusan MEC untuk bekerja dengannya. Faktor penghambat dalam pendayagunaan dana ziswaf adalah kurangnya dukungan keluarga untuk meneruskan pendidikan di MEC dan mindset kenyamanan yang selama ini masih melekat pada pemikiran lulusan MEC. Pengukuran efektivitas pendayagunaan dana ziswaf melalui program MEC Yatim Mandiri Surabaya ini menggunakan tolok ukur Richard M. Steers. MEC telah memenuhi beberapa tolok ukur diantaranya efektivitas keseluruhan, kualitas, produktivitas, kesiagaan, efisiensi, laba, pertumbuhan, stabilitas, semangat kerja, kepuasan kerja, penerimaan tujuan, keterpaduan dan penilaian pihak luar. Namun, ada satu indikator yang tidak dapat dipenuhi oleh MEC yaitu keluwesan adaptasi. Meskipun begitu, secara keseluruhan MEC dapat dikatakan efektif karena telah memenuhi hampir seluruh indikator tolok ukur yang dikatakan oleh M. Steers. Berdasarkan dari hasil penelitian di atas, maka Mandiri Entrepreneur Center diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui dan mengenal program tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskyana, Devyriskyanad@gmail.comC07215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Riskyana Devy
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:41
Last Modified: 11 Oct 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35903

Actions (login required)

View Item View Item