Analisis dampak ekonomi adanya tambak Garam di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Dina Fitriani (2019) Analisis dampak ekonomi adanya tambak Garam di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Fitriani Agustina_G71215015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Dampak Ekonomi Adanya Tambak Garam Di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan.” ini merupakan hasil penelitian yang menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran adanya tambak garam di Desa Tolbuk apakah masyarakat Desa Tolbuk merasakan kesajahteraan atau tidak dengan adanya tambak garam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pada studi kasus objek. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu pengelola tambak garam, perangkat desa, pekerja/karyawan tambak garam, konsumen garam yang ada di Desa Tolbuk Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa tambak garam di Desa Tolbuk bisa meningkatkan pendapatan Desa Tolbuk. Dalam proses dimulainya penggarapan awal tambak fokus dengan penduduk desa Tolbuk dan menjadikan penduduk desa sebagai pekerja, dengan demikian akan membantu kesejahteraan penduduk Desa Tolbuk, dengan demikian pemerintah Desa Tolbuk tidak bingung lagi bagaimana merawat lahan kosong yang ada adi Desa Tolbuk. Lahan kosong yang ada di Desa Tolbuk sebaiknya juga lebih di rawat dan lebih dimanfaatkan untuk tambak, untuk produksi tambak garam, udang dan bandeng lebih banyak lagi. Namun ada satu hal yang menjadi hambatan dalam menjadi petambak garam yaitu cuaca, dengan adanya inovasi pemanfaatan lahan apabila musim hujan melanda, penduduk desa biasanya memanfaatkan keadaan tambak sebagai tambak udang dan tambak bandeng, namun ada juga inovasi penduduk desa dengan adanya rumah garam yang terbuat dari plastik untuk melindungi garam dari air hujan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Dina Fitrianidinafitrianiagustina@gmail.comG71215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com201603311
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Agustina Dina Fitriani
Date Deposited: 10 Oct 2019 07:11
Last Modified: 10 Oct 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35893

Actions (login required)

View Item View Item