Gerakan ideologi keagamaan: studi kasus gerakan Pantura Berhijrah di Kota Tuban Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sisilia Mustafiana (2018) Gerakan ideologi keagamaan: studi kasus gerakan Pantura Berhijrah di Kota Tuban Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sisilia Mustafiana Putri_E02213042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena keagamaan seringkali muncul akibat suatu keadaan dalam masyarakat yang telah terkontaminasi oleh perubahan-perubahan, baik sosial, dan budaya. Islam tidak dapat pandang sempit sebagai aturan ritual semata. Banyak gerakan Islam yang mewajibkan untuk melaksanakan Islam secara kaffah. Perubahan dengan munculnya gerakan-gerakan Ideologi Keagamaanyang baru menjadi kunci utama dalam mengklasifikasikan kelompok¬kelompok Islam. Gerakan Pantura Berhijrah bersama-sama memperjuangkan kepentingan ukhuwah Islam. Gerakan ini muncul karena adanya nilai-nilai etika Islam yang selama ini menjadi dasar pergaulan antar sesama umat yang mulai tergeser oleh budaya Barat. Gerakan Pantura Berhijrah memilki sikap yang berlainan akan hal ini. Gerakan Pantura Berhijrah ini menarik simpatik pemuda dikota Tuban khususnya Mahasiswa. Materi kajian yang ringan dan diberikan sesuai dengan isu-isu kontemporer menjadi lifestyle dakwah masa kini. Tentunya sikap Gerakan Ideologi Keagamaan memiliki landasan berpikir ideologis dari tokoh-tokoh pengusung Ideologi dengan melihat Akar Gerakan dan Corak Ideologi yang kemudian mempengaruhinya. Landasan inilah yang dijadikan pijakan dalam bersikap dan memandang suatu permasalahan. Banyaknya pelajar Indonesia yang belajar di Timur Tengah telah menjadi pola transmisi ide-ide munculnya Gerakan Ideologi Keagamaan yang kemudian menjadi embrio bagi terbentuknya Gerakan Ideologi Keagamaan di Indonesia. Skripsi berjudul “Gerakan Ideologi Keagamaan; Studi Kasus Pantura Berhijrah dikota Tuban Jawa Timur” adalah bagaimana Ideologi Gerakan Pantura Berhijrah, dan respon masyarakat kota Tuban tentang adanya Gerakan Ideologi Keagamaan Pantura Berhijrah. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode kualitatif bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada institusi untuk mengubah kebijakan yang terkait dengan sosial keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sisilia Mustafianasisiliamp@gmail.comE02213042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi.fu@yahoo.co.id196409181992031002
Subjects: Ideologi Politik
Ideologi Islam
Pemuda Islam
Uncontrolled Keywords: Ideologi Gerakan; Keagamaan; Pantura Hijrah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Putri Sisilia Mustafiana
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:05
Last Modified: 09 Oct 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35885

Actions (login required)

View Item View Item