PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KURIKULUM 2013 : STUDI KASUS DI SD ISLAM TARBIYATUL ATHFAL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilfi, Muslimatul (2015) PROBLEMATIKA PENERAPAN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KURIKULUM 2013 : STUDI KASUS DI SD ISLAM TARBIYATUL ATHFAL SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang diterapkan dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia dan baru berjalan selama dua tahun dengan penerapan secara bertahap pada masing-masing tingkat satuan pendidikan.
Dalam penerapannya, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik integrative, yang keterpaduan dari beberapa materi yang terintegrasi dalam satu tema, tak terkecuali untuk materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum sebelumnya diterapkan selama tiga jam pelajaran, namun pada Kurikulum 2013 ini materi Pendidikan Agama Islam mengalami penambahan jam yakni menjadi empat jam pelajaran dan berubah nama menjadi Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti.
Dalam penerapan Kurikulum baru ini tidak luput dari berbagai macam problematikanya, karena selain baru dan para penyelenggara pendidikan masih beradaptasi dengan Kurikulum ini, juga karena masih dalam taraf penerapan awal. Untuk itu disini penulis tertarik mengangkat permasalahan tersebut untuk di teliti.
Adapun metode penelitian yang penulis gunakan disini yakni metode penelitian Kualitatif deskriptif yang dalam pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Beberapa pokok permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini diantaranya:
1. Bagaimana penerapan pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 di SD Islam Tarbiyatul Athfal ?
2. Apa saja kendala atau problematika yang dihadapi guru dalam penerapan pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 di SD Islam Tarbiyatul Athfal Surabaya?
3. Bagaimana upaya perbaikan yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika penerapan pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 di SD Islam Tarbiyatul Athfal Surabaya ?
Dari permasalahan tersebut peneliti mendapat kesimpulan bahwa permasalahan yang muncul dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Kurikulum 2013 di SD Islam Tarbiyatul Athfal ini yakni berada pada tiga tahap, 1) Tahap perencanaan; 2) Tahap Pelakasanaan; 3) tahap evaluasi. Dari ketiga permasalahan tersebut terdapat adanya keterkaitan sehingga upaya perbaikannya pun harus dilakukan secara berkesinambungan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Achmad Nur Fuad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilfi, MuslimatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Penerapan Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam; PAI;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 07:27
Last Modified: 19 Jan 2016 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item