عوامل الأخطاء الصرفية في الإنشاء التحريري لطلاب معهد دار اللغة والدعوة الإسلامي السلفي بانقيل باسوروان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alkharori, M. Kholid Umar (2019) عوامل الأخطاء الصرفية في الإنشاء التحريري لطلاب معهد دار اللغة والدعوة الإسلامي السلفي بانقيل باسوروان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Kholid Umar Alkharori_D92214086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Shorof merupakan ilmu Arab yang paling penting. Untuk mengubah asal kata satu menjadi beberapa kalimat, seperti mengubah Masdar menjadi Isim Fail, Isim Maf’ul, Isim Zaman Isim Makan, Isim Tafdhil, dan mengubah bentuk kata asal menjadi beberaapa bentuk. Dalam Shorof terdapat beberapa Wazan diantaranya Wazan Masdar dan Isim-Isim Mustaq. Seperti “hasanun, kitabatun, sujudun dan masjidun”. Dan terpilihnya judul ini dilatar belakangi banyaknya kesalahan Shorof yang muncul ketika santri menulis dalam insya’ tahriri. Peneliti ini focus pada tulisan santri dalam insya’ tahriri pada santri Darullughoh Wadda’wah Bangil Pasuruan, bagaimana bentuk-bentuk kesalahan Shorof, factor-faktor yang mempengaruhinya, dan perbaikan untuk menguranginya. Adapu tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan Shorof, faktor-faktor yang menyebabkannya, dan perbaikan untuk menguranginya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, karena peneliti ini menjelaskan kesalahan-kesalahan Shorof dalam insya’ tahriri faktor yang mempengaruhi dan pembenarannya. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat fenomena kesalahan shorof, yaitu: Terdapat (1) Empat puluh lima kesalahan penulisan Masdar. (2) Delapan kesalahan penulisan Isim Fa’il. (3) Delapan kesalahan penulisan Isim Masdar. (4) Tiga kesalahan penulisan Isim Makan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan shorof yaitu interferensi Bahasa, asumsi yang salah, dan generelisasi kaidah. Serta perbaikan untuk mengurangi kealahan shorof ini yaitu guru dan pengawas dari bagian kebahasaan pondok peantren Darullughoh Wadda’wah menjelaskan perbedaan-perbedaan wazan Masdar dan Isim-isim Mustaq karena setiap Fi’il memiliki waan sendiri serta memperbanyak imlementasi praktek menulis yang sesuai dengan kaidah Bahasa Arab guna meningkatkan letrampilan menulis siswa khususnya pada Insya’ Tahriri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alkharori, M. Kholid Umaralkharori@gmail.comD92214086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholehan, Sholehanalkharori@gmail.comD92214086
Thesis advisorSyarifah, AinunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alkharori M. Kholid Umar
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:44
Last Modified: 09 Oct 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35826

Actions (login required)

View Item View Item