Impementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui Integrasi Kurikulum di MTs. Bilingual Muslimat NU Sdioarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholeh, Febri Hasan (2019) Impementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui Integrasi Kurikulum di MTs. Bilingual Muslimat NU Sdioarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febri Hasan Sholeh_D03215011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjujudul Implementasi Manajemen berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Integrasi Kurikulum di MTs. bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Hal tersebut didasari bahwa integrasi kurikulum dalam manajemen berbasis sekolah merupakan sebuah inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan Manajemen Berbasis Sekolah di MTs. Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, peningkatan mutu melalui integrasi kurikulum di MTs. Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, serta implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan mealui integrasi kurikulum di MTs. Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Jenis penelitian adalah kualitatif. Yang menjadi bagian dari Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala bagian kurikulum dan badan penjamin mutu internal sebagai informan utama. Obyek penelitian ini adalah implementasi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan melalui integrasi kurikulum. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode obersvasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Manajemen Berbasis Sekolah di MTs. bilingual Muslimat NU Sidoarjo dikelola dengan baik. hal ini ditandai dengan sarana&prasarana yang memadai untuk operasional lembaga, birokrasi dikelola sistematis, partisipasi wali murid sebagai dampak dari hubungan masyarakat yang efektif, dan kurikulum adopsi adaptif yang mengintegrasikan muatan dari cambridge curriculum dan kurikulum nasional 2013 agar peserta didik mendapat porsi lebih dalam belajar. (2) Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Integrasi Kurikulum di MTs. bilingual Muslimat NU Sidoarjo. indiaktor tersebut dilihat dari standar kompetensi lulusan yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Selain itu porsi konsumsi belajar siswa yang lebih dari sekolah lain membuat siswa mampu berkompetisi dan mendapat hasil nilai tertinggi dalam UNBK dua tahun berturut pada tingkat nasional dan peraih medali emas pada olimpiade matematika tingkat asia tahun ini. (3) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Integrasi Kurikulum di MTs. bilingual Muslimat NU Sidoarjo merupakan inovasi kepala sekolah dalam mengelola lembaga. dengan adanya Manajemen Berbasis Sekolah, kepala sekolah berusaha menignkatkan mutu pendidikan menciptakan pembelajaran yang unggul melalui integrasi kurikulum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholeh, Febri HasanFebrisi.sholeh@gmail.comD03215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAM, MukhlisahUNSPECIFIED196805051994032001
Thesis advisorSholihah, Ni'matusUNSPECIFIED197308022009012003
Subjects: Manajemen dan organisasi sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sholeh Febri Hasan
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:37
Last Modified: 08 Oct 2019 08:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35818

Actions (login required)

View Item View Item