فعالية نموذج كوفراتيف اينتغراتيد ريديج اين كومفوسيسن باستخدام وسيلة الكوميك البسيط في ترقية مهارة القراءة و الكتابة لطلاب الفصل الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Nida Nurun (2019) فعالية نموذج كوفراتيف اينتغراتيد ريديج اين كومفوسيسن باستخدام وسيلة الكوميك البسيط في ترقية مهارة القراءة و الكتابة لطلاب الفصل الثامن فى المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nida Nurun Nabila_D72215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 1 Surabaya masih tradisional terutama saat pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis. Guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswa tanpa adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran, serta latar pendidikan siswa yang heterogen, hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami dan mempraktikkan. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran “Cooperatuve Integrated Reading and Composition” dengan menggunakan Media Komik Berbahasa Arab untuk meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Tujuan dari Penelitian ini adalah : (1) untuk Mengetahui Kemampuan siswa pada ketrampilan membaca dan menulis kelas VIII di MTsN 1 Surabaya. (2) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran “Cooperatuve Integrated Reading and Composition” dengan menggunakan Media Komik Berbahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa tersebut. (3) untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran “Cooperatuve Integrated Reading and Composition” dengan menggunakan Media Komik Berbahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa tersebut. Guna menjawab permasalahan di atas metode yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII “A” yang terdiri dari 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, didapatkan bahwa thitung > ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. kesimpulannya adalah Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Menggunakan Media Pembelajaran Komik Berbahasa Arab efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VIII di MTsN 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Nida Nurunnidanurunnabila@gmail.comD72215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSholehan, SholehanUNSPECIFIED195911041991031002
Thesis advisorSyarifah, M.Pd.I, AinunUNSPECIFIED197806122007102010
Subjects: Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nabila Nida Nurun
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:41
Last Modified: 07 Oct 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35806

Actions (login required)

View Item View Item