فعالية استخدام الوسيلة التعليمية الإلكترونية على أساس الويب مدينة عربية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بمدرسة الثانوية العامة "بيليغوئل ترفادو" جونوانجي كريان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhanik, Muhanik (2019) فعالية استخدام الوسيلة التعليمية الإلكترونية على أساس الويب مدينة عربية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع بمدرسة الثانوية العامة "بيليغوئل ترفادو" جونوانجي كريان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhanik_D72215045.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di era global ini, dalam pelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan mendengar tidak hanya didapat dari tutur kata yang diucapkan oleh guru. Namun dapat juga melalui media elektronik. Sehingga proses pembelajaran tidak hanya terjadi dikelas saja tetapi dapat dilakukan dimana saja. Adapun salah satu media yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran mendengar adalah web “Madinah Arabic”. Media ini merupakan alat untuk belajar bahasa Arab dengan menggunakan jaringan internet. Media pembelajaran ini sangat mudah di mengerti karena dilengkapi audio visual. Media pembelajaran ini juga menjadikan siswa senang dan tidak bosan dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kemampuan siswa pada ketrampilan mendengar kelas VII di SMP Billingual Terpadu Junwangi, Krian, Sidoarjo. (2) untuk mengetahui penerapan media pembelajaran e-learning berbasis web “Madinah Arabic” pada kemampuan mendengar siswa tersebut. (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran e-learning berbasis web “Madinah Arabic” pada kemampuan mendengar siswa tersebut. Untuk menjawab permasalahan di atas metode yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VII-K yang terdiri dari 31 siswa dan kelas VII-F yang terdiri dari 34 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, didapatkan bahwa nilai t_hitung = 6, 40625 dan t_tabel = 2,046 maka t_hitung lebih besar dari t_tabel sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan pada hasil pembelajaran di kelas eksperimen (VII-K) yang menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis web “Madinah Arabic” dengan kelas VII-F yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis web “Madinah Arabic”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhanik, Muhanikmuhanik1997@gmail.comD72215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, M. AfifuddinUNSPECIFIED197905072005011002
Thesis advisorNajib, AanUNSPECIFIED195910151998031001
Subjects: Keterampilan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhanik Muhanik
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:31
Last Modified: 04 Oct 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35802

Actions (login required)

View Item View Item