Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) berbasis pendidikan karakter berdasarkan teori Al Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Nova (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model Kooperatif tipe Think Pair Share (Tps) berbasis pendidikan karakter berdasarkan teori Al Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nova Kusumawati_D04215017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Ghazali adalah salah satu tokoh Islam yang mengemukakan teori pendidikan karakter. Karakter-karakter yang ada dalam teori tersebut adalah religius, mandiri, tawadhu’, berprinsip, tanggung jawab, kerja keras, sistematis, dan komunikatif. Pada penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis pendidikan karakter berdasarkan teori Al-Ghazali. Penelitian ini hanya fokus pada karakter mandiri, tanggung jawab, kerja keras dan komunikatif. Perangkat yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat yang dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pembelajaran Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) Tahap Investigasi Awal, (2) Tahap Pembuatan, dan (3) Tahap Penilaian. Perangkat pembelajaran diuji cobakan pada 34 peserta didik kelas VII-B MTsN 1 Kota Surabaya. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah field note, validasi, observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis untuk memperoleh nilai berupa persentase atau rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,535 dan LKPD sebesar 3,45. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dengan masing-masing perangkat dinilai B oleh ketiga validator sehingga perangkat dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 97,19% pada pertemuan pertama dan 98,44% pada pertemuan kedua, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,85 pada pertemuan pertama dan 3,875 pada pertemuan kedua, respon peserta didik terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon peserta didik sebesar 73,03% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, Novanovakusuma06@gmail.comD04215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Thesis advisorYudi, UsmanUNSPECIFIED196501241991031002
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kusumawati Nova
Date Deposited: 04 Oct 2019 04:33
Last Modified: 04 Oct 2019 04:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35801

Actions (login required)

View Item View Item