تحليل بنود الأسئلة في الاختبار النهائي للغة العربية في الصف التاسع بمدرسة حسن الدين المتوسطة الإسلامية سمبارا جيمبير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ariani Endar (2019) تحليل بنود الأسئلة في الاختبار النهائي للغة العربية في الصف التاسع بمدرسة حسن الدين المتوسطة الإسلامية سمبارا جيمبير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ariani Endar Lestari_D72214043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi merupakan penilaian keseluruhan program pendidikan mulai perencanaan suatu program substansi pendidikan termasuk kurikulum dan penilaian (asesmen) serta pelaksanaannya, pengadaan dan peningkatan kemampuan pendidik, manajemen pendidikan, dan reformasi pendidikan secara keseluruhan. Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan oleh seorang penguji sehingga dapat memberikan tes yang baik bagi testernya. Begitu juga dengan Soal Ujian Akhir Kelas Sembilan MTs Hasanuddin Semboro Jember yang menjadi tolak ukur prestasi siswa MTs Hasanuddin Semboro Jember, maka tes ini perlu diuji kelayakannya dengan menganalisis butir soalnya. Dengan demikian tujuan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hasil analisis soal ujian akhir kelas sembilan pelajaran bahasa arab MTs Hasanuddin Semboro, dari tujuan utama tersebut dapat diketahui : (1) Tingkat Validitas Butir Soal Ujian Akhir pelajaran Bahasa Arab kelas Sembilan MTs Hasanuddin Semboro, (2) Tingkat Reliabilitas Soal Ujian Akhir pelajaran Bahasa Arab kelas Sembilan MTs Hasanuddin Semboro, (3) Tingkat Kesukaran Soal Ujian Akhir pelajaran Bahasa Arab kelas Sembilan MTs Hasanuddin Semboro, dan (4) Tingkat Daya Beda Soal Ujian Akhir pelajaran Bahasa Arab kelas Sembilan MTs Hasanuddin Semboro. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk memperoleh data mengenai Analisis butir soal penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rumus KR-20, dan menggunakan Upper Lower untuk mengetahui Tingkat Kesukaran dan Daya Beda. Setelah data-data tersebut dianalisis, penulis menyimpulkan bahwa : (1) soal Ujian Akhir Madrasah Tsanawiyah ini adalah valid karna diketahui dari segi validitas isi dan validitas tampak luar sudah sangat sesuai, (2) Dalam uji Reliabilitas soal Ujian Akhir Madrasah Tsanawiyah ini Tidak Reliabel karena hasilnya masih berubah ubah (3) soal Ujian Akhir Madrasah Tsanawiyah ini terdapat 31 soal yang termasuk dalam kategori soal sulit dan 19 soal yang termasuk kategori soal sedang (4) soal Ujian Akhir Madrasah Tsanawiyah ini terdapat 37 soal yang termasuk jelek dan 23 soal yang termasuk baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ariani Endararianiendar1@gmail.comD72214043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com197402202003121004
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com197001072001121001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lestari Ariani Endar
Date Deposited: 07 Oct 2019 01:19
Last Modified: 07 Oct 2019 01:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35791

Actions (login required)

View Item View Item